Analisis Kepuasan Penumpang berdasarkan Pelayanan pada Kereta Api Senja Utama Yogyakarta dan Argo Parahyangan

Authors

  • Achmad Burhanur Rachman Politeknik Pratama
  • Widodo Wibisono Politeknik Pratama
  • Marwan Sopi Politeknik Pratama
  • Poppy Fitrijanti Soeparan Politeknik Pratama

DOI:

https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v6i2.729

Keywords:

penumpang kereta api, pelayanan kereta api

Abstract

Analisis dalam penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa tingkat kepuasan penumpang kereta api. Penelitian ini dilakukan terhadap penumpang kereta api Argo Parahyangan dan Senja Utama dengan mengedarkan kuesioner untuk mengetahui seberapa tingkat kepuasan penumpang terhadapat pelayanan. Metode analisis yang digunakan adalah Importance and Performance Analysis. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa koefisien determinasi terbesar pada variabel terikat Kepuasan Penumpang sangat dipengaruhi oleh variabel pelayanan kereta api

References

[1] Abdullah, T., dan F. Tantri. 2019. Manajemen Pemasaran. Depok: Penerbit PT Raja Grafindo Persada.
[2] Fajar, Laksana, 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.
[3] Rangkuti, F. 2008. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[4] Oentarto, et al. 2004. Standar Pelayanan Minimal. Jakarta
[5] Kotler, P. 2000. Manajamen Pemasaran. Terjemahan, Jilid 1. Jakarta: PT.Indeks
[6] Fandy, Tjiptono. 2008. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andy
[7] Yaslis. 2002. Kiat Sukses Manajemen Team Kerja. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
[8] Rangkuti, F. 2008. Measuring Customer Satisfaction. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
[9] Irawan, H. 2003. Prinsip Kepuasan Pelanggan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
[10] Kusumajaya, R., & Rivai, A. 2019. Pengaruh Citra Lembaga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Komitmen Relasional Dan Dampaknya Pada Positive Word Of Mouth. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 14(2)
[11] Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung : Alfabeta..
[12] Sari, L. R. 2016, Sugiyono. 2016. Pengaruh NPM, ROE, EPS terhadap Return. Saham pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen.
[13] Sri Lestari. 2014. Evaluasi Tingkat Kepuasan Penumpang Kereta Api Argo Parahyangan Evaluation Toward Satisfaction Passenger On Argo Parahyangan Train. https://ojs.balitbanghub.dephub.go.id
[14] Enggar Zustanto. 2022. Pengaruh Pelayanan, Fasilitas, Harga Tiket Terhadap Kepuasan Penumpang Kereta Api Senja Utama Yogyakarta. JUEB: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, Vol. 1. No. 4 Desember 2022, e-ISSN: 2828-8858 p-ISSN: 2829-0011

Downloads

Published

2024-10-07

How to Cite

Analisis Kepuasan Penumpang berdasarkan Pelayanan pada Kereta Api Senja Utama Yogyakarta dan Argo Parahyangan. (2024). Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 6(2), 29-33. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v6i2.729