Pengaruh Green Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware dan The Body Shop
DOI:
https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v6i2.716Keywords:
Green marketing mix, keputusan pembelianAbstract
Green marketing mix atau yang biasa disebut dengan bauran pemasaran hijau adalah sebuah konsep dimana upaya kegiatan yang berkaitan dengan produk, harga, tempat dan promosi dengan mempertimbangkan kelestarian lingkungan atau kesehatan lingkungan. Perkembangan industri yang semakin meningkat, menyebabkan perusahaan diharuskan memiliki nilai tambah atas produk yang ditawarkannya. Perusahaan dengan menawarkan green marketing mix dalam perusahaannya. Akan tetapi, dikhawatirkan akan membuat konsumen beralih ke pesaing lain. Maka dari itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keputusan pembelian konsumen produk tupperware dan Body Shop pengaruh green marketing mix terhadap keputusan pembelian secara simultan dan parsial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa green marketing mix dan keputusan pembelian produk tupperware dan Body Shop termasuk dalam kategori cukup baik.
References
βTop Brand Index,β [Online]. Available: https://www.topbrandaward.com/top-brand-index/.
Vijayalakshmi, P., & Ambuli, T. V. (2022). Identifying the Apparent Key Attributes in Determining extremely Satisfied Restaurant Patrons during the Current Pandemic. Journal of Contemporary Issues in Business and Government,. 27(4), 496-503.
Roy, K., & Chatterjee, K. (2016). Importance of responsible research and innovation (rri) and green marketing in indian chemical industry. Responsible marketing for sustainable business. 143., 10.
L. K. Keller dan P. Kotler, Marketing Management. 15th Edition, New Jersey: Pearson Prantice Hall, 2016.
P. J. Cannon, W. D. Perreault dan J. E. J. McCarthy, Basic Marketing, A Global-Managerial Approach. 16th Edition, New York: McGraw-Hill, 2008.
Abzari, Mehdi Safari Shad, F., Sharbiyani, A. A. A., & Morad, A. P. (2013). Studying the effect of green marketing mix on market share increase. Advances in Environmental Biology, 7(10), 2981β2991.
Arseculeratne, D. and R. Y., & A. (2014). How Green Marketing Can Create A, Sustainable Competitive Advantage for Research., Business. International Business. 7, 130β137.
Adirama Aldi. (2012). Pengaruh Citra Merk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta., hal.12.
Kusumajaya, R., & Rivai, A. (2019). Pengaruh Citra Lembaga Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan Komitmen Relasional Dan Dampaknya Pada Positive Word Of Mouth. Jurnal Ilmiah Telaah Manajemen, 14(2).
Sari, L. R., & Sugiyono (2016). Pengaruh NPM, ROE, EPS terhadap Return Saham pada Perusahaan Farmasi di BEI. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 5 (12), hal. 1-18.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan. Penerbit Universitas Diponegoro.
Nanda Fitria Siti Fatimah, Maya Setiawardani.(2019). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen The Body Shop Kota Bandung). 10th Industrial Research Workshop and Nationsl Seminar. POLBAN.
Nadia Irsalina.(2022). Pengaruh Green Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Produk Tupperware Di Kota Solo. Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Studi Ekonomi Modern