Perancangan User Interface Aplikasi Ourticle pada PT. Kreasi Teknologi Indonesia

Penulis

  • Ilham Prabowo Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Fathiya Hasyifah Sibarani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.51903/juisi.v2i1.521

Kata Kunci:

Perancangan Aplikasi, User Interface, User Centered Design

Abstrak

Indonesia merupakan negara yang menempati posisi ke-62 dari 70 negara dengan masyarakat yang memiliki minat baca rendah. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya penyebaran berita palsu atau hoaks, ujaran kebencian, dan juga fitnah di beberapa media sosial. PT. Kreasi Teknologi Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia jasa pembuatan software. Penelitian ini bertujuan untuk merancang interface sebuah aplikasi baca dan posting artikel berdasarkan minat pembaca. Aplikasi yang dirancang akan menggunakan software Figma dan menggunakan metode User Centered Design (UCD). Metode ini dipilih karena proses perancangan desain memiliki fokus kepada tujuan dari karakteristik pengguna, kegunaan, alur kerja, dan tugas. Kelebihan dari metode UCD adalah dapat membantu untuk mengenali permasalahan kasus dari awal agar penyelesaiannya dapat ditemukan secepatnya. Dengan adanya rancangan aplikasi ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan dalam membangun aplikasi baca dan posting artikel yang diberi nama Ourticle. Sehingga dengan adanya aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat umum dan dapat meningkatkan minat baca masyarakat Indonesia.

Referensi

[1] B. Masyarakat, D. I. Kota, and N. Maghfiroh, “Jurnal Pendidikan Untuk Semua,” vol. 4, no. 4, pp. 63–72, 2020.
[2] A. Nafisah, “Arti Penting Perpustakaan Bagi Upaya Peningkatan Minat Baca Masyarakat,” J. Perpust. Libr., vol. 2, no. 2, pp. 70–81, 2014.
[3] R. Faticha, A. Aziza, and Y. T. Hidayat, “ANALISA USABILITY DESAIN USER INTERFACE PADA WEBSITE,” vol. 13, no. 1, pp. 7–11, 2019.
[4] L. Punchoojit and N. Hongwarittorrn, “Usability Studies on Mobile User Interface Design Patterns : A Systematic Literature Review,” vol. 2017, 2017.
[5] A. K. Rianingtyas and K. K. Wardani, “Perancangan User Interface Aplikasi Mobile Sebagai Media Promosi Digital UMKM Tour dan Travel,” J. Sains dan Seni ITS, vol. 7, no. 2, 2019, doi: 10.12962/j23373520.v7i2.36874.
[6] C. Abras, D. Maloney-krichmar, and J. Preece, “User-Centered Design,” pp. 1–14, 2004.
[7] J. Saudi, “Perancangan User Interface Aplikasi Pembelajaran Bangun Ruang Untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Menggunakan Metode User Centered Design,” vol. 9, no. 3, pp. 2027–2041, 2022.
[8] L. Setiyani, E. Tjandra, and S. Informasi, “Analisis kebutuhan fungsional aplikasi penanganan keluhan mahasiswa studi kasus:stmik rosma karawang,” vol. 02, 2021.
[9] S. L. Ramadhan, I. Fitri, A. Rubhasy, U. Nasional, U. Experience, and U. C. Design, “Perancangan User Experience Aplikasi Pengajuan E-KTP Menggunakan Metode UCD Pada Kelurahan Tanah Baru,” vol. 8, no. 1, pp. 287–298, 2021.
[10] E. R. Subhiyakto, Y. P. Astuti, and L. Umaroh, “KONSTELASI: Konvergensi Teknologi dan Sistem Informasi Perancangan User Interface Aplikasi Pemodelan Perangkat Lunak Menggunakan Metode User Centered Design,” pp. 145–154, 2021.
[11] M. Alda, “Perancangan E-Commerce Penjualan Kue Dengan Menerapkan Model B2C (Business To Consumer),” J. Comput. Digit. Bus., vol. 1, no. 1, pp. 28–36, 2022, doi: 10.56427/jcbd.v1i1.6.

Diterbitkan

2023-01-25