Rancang Bangun Prototype Sistem Kunci Otomatis Pada Pintu Menggunakan RFID Berbasis Arduino Pada Kecamatan Plantungan

Laksamana Rajendra Haidar Azani Fajri,Puji Hermawan , Teguh Setiadi

  • Laksamana Rajendra Haidar Azani Fajri Universitas STEKOM
  • Puji Hermawan Universitas STEKOM
  • Teguh Setiadi Universitas STEKOM
Keywords: RRFID, Keamanan, Informasi

Abstract

Peningkatan tingkat kriminalitas dan keahlian para pencuri yang semakin tinggi, membuat penulis memperoleh ide atau gagasan inovasi alat pengaman pintu rumah menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) berbasis arduino uno yang tentunya dengan sistem pengamanan yang tinggi. Rancangan keamanan ini tidak mengandalkan mekanik sebagai  interface nya melainkan menggunakan  perangkat elektronik yang cukup sulit  untuk dibobol karena selain diperlukan  pengetahuan mengenai elektronik, para  pelaku kriminalitas juga harus memilki  pengetahuan dibidang pemrograman dan  teknologi informasi. Berbeda dengan kunci  mekanik, kunci elektronik pada rancangan  keamanan ini menggunakan  Radio  Frequency Identification (RFID) sebagai  pembukanya.

RFID (Radio Frequency Identification) merupakan proses pengidentifikasian suatu objek secara otomastis dengan frekuensi radio. Ada dua komponen penting dalam sistem RFID yaitu kartu (Tag) dan pembaca (reader). Dalam perancangan alat ini, RFID digunakan untuk menghidupkan sistem engine cut off yang ada pada sepeda motor untuk pemutus arus pada CDI sepeda motor, tanpa harus melepas kepala aki yang kadang membutuhkan waktu yg cukup lama. Dalam sistem ini pemilik kendaraan bertindak sebagai RFID tag berisi serial khusus yang menginformasikan tentang kepemilikan yang terdapat pada gantungan kunci pemilik kendaraan dan sepeda motor sebagai RFID reader yang berfungsi sebagai pembaca dari informasi yang ada pada gantungan tersebut. Jadi ketika RFID reader mendeteksi RFID tag pada gantungan kunci pemilik sepeda motor dan sesuai maka sistem engine pada sepeda motor akan on.

Kantor Kecamatan Plantungan merupakan kantor Kecamatan yang terletak di desa Plantungan  Kabupaten Kendal Provinsi Jawa Tengah dengan kepala camat bernama bapak Suyanto. Letak Kantor Kecamatan Plantungan yang tidak terlalu dekat dengan warga sangat memungkinkan terjadinya aksi pencurian atau pembobolan di dalam Kantor Kecamatan Plantungan apalagi di kantor Kecamatan Plantungan saat malam hari, dalam hal ini sangat memudahkan pencuri untuk masuk kedalam kantor Kecamatan dengan mudah.

References

[1] Ahmad Agung. 2021. Perancangan Sistem Keamanan Pintu Ruangan Berbasis Mikrokontrolller , Vol. 9, No. 2, hal. 33-39.
[2] Beny, dkk. 2015. Perancangan Dan Pengujian Miniatur Lift Berbasis Arduino Dengan Menggunakan Rfid Sebagai Sistem Identifikasi Lantai. SINERGI, Vol. 19, No. 3, hal. 211-216.
[3] Destra Andika Pratama, ST., MT. dkk. 2018. Sistem Pengaman Pintu Elektronik Otomatis Dengan Memanfaatkan E-KTP Sebagai RFID Card Ruang Dosen Teknik Elektronika Politeknik Negeri Sriwijaya, Jurnal , Vol. 9, No. 2, hal 50-53.
[4] Efriyanto. 2016. Sistem Pengaman Motor Menggunakan Smartcard Politeknik Negeri Batam,Jurnal Integrasi, Vol.8, No.1.
[5] Eko B. S, & Bobi. K. 2015. Perancangan Sistem Absensi Kehadiran Perkuliahan dengan Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID), Jurnal CoreIT, Vol.1, No.2.
[6] Fakih, A., Raharjana, I. K., & Zaman, B. (2015). Pemanfaatan Teknologi Fingerprint Authentication untuk Otomatisasi Presensi Perkuliahan. Journal of Systems Engineering and Business Intelligence, 1(2), 41-48.
[7] Figa. U. 2020. Prototype Sistem Keamanan Pintu Menggunakan Radio Frequency Identification (RFID) Dengan Kata Sandi Berbasis Mikrokontroler, Jurnal Coding, Vol. 3, No. 1, hal 22-31.
[8] Maniah., Aribowo, A., dan Halim, F. (2022) : Perancangan Sistem Akses Pintu Garasi Otomatis. Proceedings Conference on Smart-Green Technology in Electrical and Information System, 301-205.
[9] Nurliana M siregar, (2021) : Locker Dengan Rfid Mfrc522 Berbasis Arduino Uno. Jurnal Elektro, Teknik Elektronika, Fakultas Tekik, Universitas Negri Jakarta.
[10] Pinrolinvic M., 2021. “Sistem pengamanan pintu jamak dengan RFID sensor berbasis web”, Jurnal Elektro vol 8. no.2 page 79-86. Unika Atma Jaya, Jakarta.
[11] Potts, J., dan Sukittanon, S. 2016. : Exploiting Bluetooth on Android Mobile Devices for Home Security Application. Proceedings of IEEE , University of Tennessee at Martin, USA
[12] Pratama Sapto. 2020. Perancangan Sistem Kunci Otomatis Menggunakan Password,. Jirnal Elektronika, Vol. 2, No. 1, hal. 20-27.
[13] Roby Tan. Dkk. 2017. Penerapan Teknologi RFID untuk Purwarupa Pencatatan Presensi Mahasiswa di Laboratorium Komputer, Journal of Information Systems Engineering and Business Intelligence, Vol. 3, No. 2.
[14] Ryan Laksmana Singgeta, ST., MSc. dkk. 2018. Sistem Pengaman Pintu Rumah Dengan RFID Berbasis Wirelles Esp8266 , Jurnal, Vol. 2, No. 1, hal 28-39.
Published
2023-12-08