PERANAN ECOMMERCE DALAM PENINGKATAN PENJUALAN (STUDI KASUS: MATA FASHION OEBOBO)

Authors

  • Vera Selviana Adoe Stikom Artha Buana
  • Dessy kale Uly Stikom Artha Buana
  • Imelda Inang Stikom Artha Buana

DOI:

https://doi.org/10.51903/juisi.v1i3.401

Keywords:

Implementasi Ecommerce, Website, Toko Butik.

Abstract

Perkembangan teknologi  informasi  yang semakin pesat, dengan didukung oleh perkembangan internet yang kian maju, memberikan kemudahan terutama pada  penerapan Ecommerce  dalam dunia bisnis. Ecommerce adalah  website jual beli barang atau jasa dengan memanfaatkan  jaringan teknologi. Hal ini mendorong para pengusaha untuk beralih ke dunia digital termasuk Mata Fashion Oebobo yang merupakan salah satu toko butik dengan usaha yang bergerak di bidang penjualan pakaian  khususnya pakaian tenun  bercorak Jepara yang berlokasikan di Pasar Oebobo Kota Kupang, NTT. Toko butik  ini membutuhkan sebuah sistem yang nantinya sistem tersebut dapat mempermudah juga menambah penghasilan serta memperluas jaringan dalam penjualan pakaian tenun. Dari permasalahan tersebut maka peneliti merancang sebuah aplikasi Ecommerce berbasis web yang dapat membantu customer dalam berbelanja secara online kapan saja dan dimana saja dengan memanfaatkan media sosial sebagai alat aksesnya. Dalam implementasi ini penulis memulai dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem Ecommerce berbasis web yang diharapkan sistem ini dapat membantu perusahaan dalam menambah penghasilan,  serta memperluas jaringan penjualan di Mata Fashion Oebobo.

References

[1] L. Y. Siregar and M. I. P. Nasution, “Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Peningkatan Bisnis Online,” HIRARKI J. Ilm. Manaj. dan Bisnis, vol. 02, no. 01, pp. 71–75, 2020, [Online]. Available: http://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki%0APERKEMBANGAN
[2] F. D. Evyta and M. Kharnolis, “Peran E-Commerce Sebagai Digital Fashion Branding,” J. Tata Busana, vol. 10, no. 2, pp. 20–29, 2021.
[3] N. N. Anisah, Muh Fakhrihun Na’am, “Eksistensi Tenun Troso Jepara Di Antara Berdirinya Perusahaan-perusahaan Garmen,” TEKNOBUGA J. Teknol. Busana dan Boga, vol. 9, no. 2, pp. 148–154, 2021, doi: 10.15294/teknobuga.v9i2.27221.
[4] D. Prihadi and A. D. Susilawati, “Pengaruh Kemampuan E-Commerce dan Promosi di Media Sosial terhadap Kinerja Pemasaraan,” Benefit J. Manaj. dan Bisnis, vol. 3, no. 1, p. 15, 2018, doi: 10.23917/benefit.v3i1.5647.
[5] Y. L. . Rehatalanit, “Peran E-Commerce Dalam Pengembangan Bisnis,” J. Teknol. Ind., vol. 5, no. 0, pp. 62–69, 2021, [Online]. Available: https://journal.universitassuryadarma.ac.id/index.ph8p/jti/article/view/764
[6] L. D. Ummah, “Rancang Bangun E-Commerce Pada Toko Kerudung Nuri Collection Berbasis Customer Relationship Management,” Nuansa Inform., vol. 12, no. 2, pp. 10–17, 2018, doi: 10.25134/nuansa.v12i2.1350.
[7] P. Butik, B. Hijab, Y. Kurniawati, and M. Sholikhan, “Desain Web E-Commerce Berbasis Blogspot sebagai Media,” vol. 14, no. 1, pp. 68–78, 2021.
[8] P. S. Hasugian, “Perancangan Website Sebagai Media Promosi Dan Informasi,” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 3, no. 1, pp. 82–86, 2018.
[9] M. Susilo, “Rancang Bangun Website Toko Online Menggunakan Metode Waterfall,” InfoTekJar (Jurnal Nas. Inform. dan Teknol. Jaringan), vol. 2, no. 2, pp. 98–105, 2018, doi: 10.30743/infotekjar.v2i2.171.
[10] Irwanto, “Perancangan Sistem Informasi Sekolah Kejuruan dengan Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus SMK PGRI 1 Kota Serang-Banten) Irwanto,” vol. 12, no. 1, p. 6, 2021.

Downloads

Published

2022-11-01