Sistem Informasi Pendeteksi Asap Rokok Menggunakan Sensor Mq-2 Pada Klinik Berlian Limpung Berbasis Arduino Uno

Sistem Informasi Pendeteksi Asap Rokok Menggunakan Sensor Mq-2

  • teguh Universitas STEKOM
Keywords: MQ-2 Sensor,, Arduino Uno,, Pendeteksi Asap Rokok

Abstract

Penelitian dengan membangun alat pendeteksi asap rokok menggunakan sensor MQ-2 berbasis Arduino Uno menghasilkan analisis bahwa semakin besar kadar asap rokok yang terdeteksi sensor maka semakin tinggi nilainya. Menggunakan Sensor MQ-2 digunakan untuk mendeteksi kondisi kadar asap rokok pada ruangan bebas asap rokok dimana pada saat sensor berada dibawah nilai ppm < 200 maka kondisi ruangan dalam kondisi normal pada saat sensor mendeteksi ppm antara 200 sampai dengan 300 kondisi ruangan dalam keadaan waspada, sedangkan saat sensor mendeteksi lebih dari 300 kondisi ruangan dalam keadaan bahaya dan kipas dc berputar untuk menetralisir keberadaan asap rokok. Kemampuan pendeteksi asap rokok ini akan mendeteksi keberadaan asap rokok di udara tergantung dari sudut sumber asap rokok dan waktu pembacaan pada sensor serta arah pergerakan asap rokok. Proses pengiriman data dari input ke output dilakukan dengan menggunakan ketika sensor MQ-2 mendeteksi asap rokok, sensor MQ-2 akan mengirimkan sinyal ke Arduino Uno untuk mengaktifkan output. Jadi hasil penelitian Setelah merancang prototipe sistem dan mengujinya, dapat diketahui bahwa pendeteksi asap rokok dapat diterapkan pada ruangan bebas asap rokok.

References

[2] Akhwandi, D., & Anton, Y. (2017). Sistem Penyegaran Ruangan Dari Asap Rokok dan Gas LPG Berbasis Mikrokontroler ATMega 8535. Jurnal Ilmu Teknik Elektro Komputer dan Informatika (JITEKI) , 3 (1), 27-35.
[3] Alhamidi, & Rini, A. (2017). Rancang Bangun Timbangan Badan Output Suara Berbasis Arduino Uno R3. Jurnal Sains dan Informatika , 3.12, 142-152.
[4] Charis, A. A. (2018). Alat Pendeteksi Gas Amoniak Pada Kamar Mandi Berbasis Arduino. Jurnal ELKOM , 11 (1), 31-17.
[5] Darmawan, A. Y., H., D. N., & Dimas, B. (2018). Pengukur Berat dan Tinggi Badan Secara Otomatis Menggunakan Sensor LoadCell Serta Ultrasonic dengan IOT. Jurnal Teknik Elektro .
[6] Hakim, L., & Vidi, Y. (2017). Deteksi Kebocoran Gas LPG Menggunakan Detektor Arduino Dengan Algoritma Fuzzy Logic Mamdani. Jurnal RESTI , 1 (2), 114-121.
[7] Indrajati Tiara Budi, T. I. (2017). Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Praktik Ibu Dalam Mencegah Paparan Asap Rokok Pada Balita Perokok Pasif. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal) , 5, 5.
[8] Karim, A., Wahab, A., & Marlina, E. (2017). Perancangan Alat Penjemur Pakaian Otomatis Dengan Menggunan Sensor Panas IC LM35 Dan Sensor LDR. Jurnal Informatika .
[9] Mauludin, M. S., Aan, F. A., & Didik, D. W. (2016). MQ 2 Sebagai Sensor Anti Asap Rokok Berbasi Arduino dan Bahasa C. Jurnal Teknik Informatika .
[10] Michael, D., & Dian, G. (2019). Rancang Bangun Prototype Monitoring Kapasitas Air Pada Kolam Ikan Secara Otomatis Dengan Menggunakan Mikrokontroller Arduino. Jurnal IKRA-ITH Informatika , 3 (2), 59-66.
Published
2022-05-08