Pengaruh Budaya Kerja Dan Pembagian Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial

  • Yuliana Andini Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
  • Ita Purnama Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Bima
Keywords: Pengaruh, Budaya Kerja, Pembagian Kerja, Kinerja Pegawai

Abstract

Adapun tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut:Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh budaya kerja terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Sosial Kabupaten Bima.  Budaya kerja menurut Triguno dalam Ruliyansa (2018) merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan atau organisasi dalam membangun prestasi dan produktivitas kerja para pegawai sehingga mengarahkan kepada keberhasilan yang dilakukan dengan kesadaran masing-masing individu. pembagian kerja menurut silalahi (2017) adalah pengelompokkan atau spesialisasi pekerjaan dalam berbagai bidang berdasarkan kepentingan, sehingga setiap individu yang menjadi anggota kelompok kerjasama atau organisasi dapat mengerjakan bidang pekerjaan tertentu sesuai dengan keterampilan yang dimilikinya. Jenis penelitian ini digunakan adalah jenis penelitian asosiatif, menurut Sugiyono (2019) penelitian asosiatif merupakan suatu rumusan masalah penelitian yang bersifat menanyakan antara dua variabel atau lebih.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu:a. Observasi ,b.Kuesioner ,c.Studi Pustaka

Berdasarkan uraian hasil dan pembahasan yang dijelaskan diatas, maka dapat ditarik sebagai berikut:1. Budaya kerja (X1) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (Y) pada Dinas Sosial Kabupaten Bima. Berdasarkan uji t di peroleh nilai thitung.2. Pembagian kerja (X2) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Dinas Sosial Kabupaten Bima. Berdasarkan uji t secara parsial nilai thitung.3. Budaya kerja (X1) dan pembagian kerja (X2) secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pegawai (Y) pada Dinas Sosial Kabupaten Bima. Sesuai dengan hasil yang diperoleh nilai Fhitung.

References

Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Arif Rahman Hikam. (2013). Pengembangan Game Edukasi Visual Novel Berbasis Pembangunan Karakter Pada Maten Pelestarian Lingkungan. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http:// lib. Unnes. Ac. Id / 18858/1/ 4401400072. Pdf. (Diakses 29 Januari 2016 pukul 12.39 WIB/.
Ghozali, I. (2018).” Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS” Edisi Sembila. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hasibuan, Melayu. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT. Bumi Aksara
Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mangkuprawira, 2014, Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Penerbit Ghalia. Indonesia, Jakarta.

Masram, 2017. Manajemen Sumber Daya Profesional. Sidoarjo: Zifatama. Publisher.
Nawawi, Ismail. 2013. Budaya Organisasi Kepemimpinan dan Kinerja. Jakarta: PT. Fajar Iterpratama Mandiri.
Nurhadijah. (2017). “ Studi Tentang Budaya Kerja Pegawai Sekolah Menengah Kejuan Negeri 1 Penajam Paser Utama”. Ejournal Ilmu Administrasi Negara. Vol. 5 No.1.
Palupi. Pengaruh Risiko Bisnis, Struktur Aktiva, Profibilitas, Ukuran Perusahaan Tingkat Pertumbuhan, Dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal (Kajian Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013. Skripsi Sarjana. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Rachmawati, T (2017). Metode Pengumpulan Data Dalam Penelitian Kualitatif. UNPAR Press. Bandung.
Robbins (2016) Dalam Bintoro dan Daryanto Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan, Penerbit Graya Media.
Ruliyansa. (2018). Pengaruh Budaya Kerja Terhadap Disiplin Kerja Pegawai Pada Koperasi Anugerah Kito Makmur Jaya (AKMJ) Belitang Oku Timur. Jurnal Aktual STIE Trisna Negara, 16 (2), 82-91, ISSN: 1693-1688.
Silalahi, M. 2017. Syzgnium Poiyantum (Wight) Walp. (Botam, Metabolit Sekunder dan Pemanfaatan), 10(1). Available At. Ejournal. Uki.ac.id/Index.PHP/SDP/ Article/ Download/ 408/307/.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta. CV
Sujawerni, V. Wiratna. 2015. Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi, 33. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.
Sutarto. 2015. Dasar-Dasar Organisasi, Cetakan Kedua Puluh Tiga. Yogyakart: UGM Press.
Triguno, 2019, Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.
Wibowo, (2013). Budaya Organisasi: Sebuah Kebutuhan Untuk Meningkatkan Kinerja Jangka Panjang. PT Raja Grafindo Persada. Depok.
Published
2023-09-20
How to Cite
Yuliana Andini, & Ita Purnama. (2023). Pengaruh Budaya Kerja Dan Pembagian Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Sosial. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(3), 204-213. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i3.747