Implementasi Pemeliharaan Kendaraan Utama PKP-PK Dengan Tinjauan KP 14 Tahun 2015 Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap

  • Febri Setiawan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Annike Resty Putrie Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: Pemeliharaan Kendaraan Utama PKP-PK, KP 14 Tahun 2015.

Abstract

Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) merupakan unit kerja yang wajib ada pada sebuah bandar udara. Pemeliharaan (maintenance) adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara sengaja (sadar) terhadap suatu fasilitas unit PKP-PK Bandar Udara Tungul Wulung Cilacap dengan tujuan agar fasilitas tersebut dapat berfungsi, beroperasi dengan lancar, aman, efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi & proses pemeliharaan kendaraan utama PKP-PK dengan tinjauan KP 14 Tahun 2015.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer yaitu observasi dan wawancara serta data sekunder yaitu dokumentasi berupa dokumen SOP internal dan Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor: KP 14 Tahun 2015.

Hasil penelitian ini adalah unit PKP-PK melakukan penerapan 2 (dua) sistem yaitu dilakukan pemeliharaan harian (routine maintenance) dan pemeliharaan berkala (periodic maintenance). Routine maintenance dilakukan setiap hari secara rutin oleh petugas operasional PKP-PK untuk menjaga agar kendaraan/peralatan operasi PKP-PK selalu dalam keadaan siap operasi. Periodic maintenance dilakukan secara berkala seperti pergantian alat/sparepart. Semua perawatan kendaraan yang dilakukan yaitu sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure) internal dan KP 14 Tahun 2015. Untuk proses pengujian kelayakan/keandalan kendaraan dilakukan 2 kali dalam seminggu dan checklist wajib dilakukan setiap hari seperti checklist peralatan pendukung, check pancaran air, pembersihan peralatan pendukung serta test running kendaraan (road test). Jika mengacu pada KP 14 Tahun 2015 Terdapat ketidak sesuaian pada pemeliharaan kendaraan utama PKP-PK karena ditemukan bahwa ganti oli mesin dilakukan satu kali dalam setahun, sedangkan secara aturan seharusnya ganti oli mesin dua kali dalam setahun, hal tersebut juga terjadi pada air accu yaitu Air accu kurang ( sumber listrik tidak ada), Terdapat adanya kendala yaitu radio komunikasi pada kendaraan utama PKP-PK mengalami kerusakan dan upaya yang dilakukan yaitu dengan terus melakukan pengajuan anggaran untuk perbaikan dan/atau menggantikan dengan yang baru.

References

Aan Komariah dan Djam’an Satori. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Abdurrozaq, F. (2020). Upaya Optimalisasi Kinerja Unit Pertolongan Kecalakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Di Bandar Udara Nusawiru Pangandaran (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Adiguna, N. K., Ramadhan, R., I. S., Fadillah, I. M.,& Hendra, O. (2021). Dampak Kelebihan Jam Kerja Pada Personil PKP-PK Bandar Udara Internasional Juanda. Airman: Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi, 4(2), 112-116
Ardiansyah, A.,& Albanna, F.(2022). Analisis Pemeliharaan Pada Kendaraan Operasional PKP-PK di Babdar Udara Solo. Aurelia: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(1), 19-28.
Dicky Prasetya Pratama, Mochammad (2020). Analisis Kesiapan Personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Dalam Upaya Meningkatkan Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Internasional Yogyakarta (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Dokumen International Civil Aviation Organization (ICAO). Annex 14 Aerodromes (1999) Bab IX, sub Bab 9.2 Halaman 18
Endah.(2014). Sejarah Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Blogspot
Fauzan, M.A & Putra, B.C.(2018). Rancangan Sistem Informasi Perawatan Kendaraan Dan Peralatan Pemadam Kebakaran Operasional Unit PKP-PK Pada Pt. Angkasa Pura II. Jurnal Idealis VOL.1 NO. 1.

Jaya, Taruna. Suma. (2018). Kualitas Kinerja Personel Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Dalam Melaksanakan Perawatan Kendaraan Utama Foam Tender-Type V Di Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Jumanto. Pradana, R., Riyanto, B., Riyanto, B., & Wicaksono. Y. I. (2017). Analisis .Pengembangan Fungsi Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap sebagai Bandara Komersil. Jurnal Karya Teknik Sipil. 6(4), 328-344.
KP. 14 Tahun 2015 Tentang Persyaratan Teknis dan Operasi Peraturan Penerbangan Sipil Bagian 139 (Manual Of Standart CASR Part 139) Volume IV Pelayanan Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK).
Moleong, J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung; PT. Remaja Rosdakarya.
Pratama, V. K. (2019). Kesiapan Petugas Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Dalam Upaya Mendukung Kelancaraan Operasi Di Bandar Udara Abdulrachman Shaleh Malang (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Priono, Idrus. 2014. Penelitian Kualitatif Dimanajemen Bisnis. Zifatama. Sidoarjo.
Qamil. N. (2021). Analisis Pembangunan Access Road Sebagai Upaya Peningkatan Fasilitas Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran (PKP-PK) Di Bandar Udara Nusawiru Pangandaran (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)
Rahman, M. Ibnu. Achwa. (2021). Analisis Fasilitas Sarana Dan Prasarana Terhadap Peran Unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan Dan Pemadam Kebakaran Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap (Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Sudarmanto. (2009). Kinerja Dan Pengembangan Kompetensi SDM. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan.
Published
2023-09-05
How to Cite
Febri Setiawan, & Annike Resty Putrie. (2023). Implementasi Pemeliharaan Kendaraan Utama PKP-PK Dengan Tinjauan KP 14 Tahun 2015 Di Bandar Udara Tunggul Wulung Cilacap. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(3), 134-143. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i3.698