Analisis Kinerja Petugas Terminal Inspection Service (TIS) Dalam Melakukan Pengawasan Fasilitas Di Terminal Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya

  • Dwi Andika Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Aditya Dewantari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: Kinerja, Terminal Inspection Service dan Pengawasan Fasilitas.

Abstract

Bandar udara merupakan prasarana transportasi udara yang di dalamnya tersedia berbagai fasilitas untuk melayani pergerakan pesawat, penumpang, barang dan kargo. Terminal Inspection Service (TIS) merupakan unit kerja yang bertugas untuk melaksanakan pengawasan terhadap seluruh fasilitas yang berada di area Land Side Bandar Udara yang mencakup, terminal bandar udara, Curb/trotoar, Parking Area, dan gedung terminal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja petugas Terminal Inspection Service (TIS) dalam melakukan pengawasan fasilitas di Terminal Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya dan kendala yang dihadapi petugas Terminal Inspection Service (TIS) dalam melakukan pengawasan fasilitas di Terminal Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya.

Penelitian ini menggunakan Analisis data bersifat induktif/kualitatif. Metode yang dipakai untuk penelitian ini yaitu metode dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan petugas Terminal Inspection Service (TIS) Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya. Penelitian ini dilakukan selama 1 bulan, mulai dari 01 Februari 2023 sampai dengan 01 Maret 2023 di unit Terminal Inspection Service (TIS) Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya.

Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa Kinerja petugas Terminal Inspection Service (TIS) Bandar Udara Tjilik Riwut Palangka Raya terkait pengawasan fasilitas pada area terminal selalu melaksanakan tugas pengawasan yang disesuaikan dengan acuan Standar Operasional yang berlaku pada area terminal Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya serta Kendala yang di hadapi petugas Terminal Inspection Service (TIS) dalam melakukan pengawasan fasilitas yaitu sumber daya manusia yang perlu di tambah pada bagian unit Terminal Inspection Service (TIS) yang menyebabkan adanya peningkatan jam operasional petugas dalam melakukan pengawasan fasilitas oleh petugas Terminal Inspection Service (TIS) Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya.

References

AJ Uatkutu, A. M. R. I. L. (2021). Analisis Ketersediaan Fasilitas Terminal Penumpang Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Budihardjo, M. (2014). Panduan Praktis Menyusun SOP. Jakarta: Raih Asa Sukses.
Dewi, A. D. (2019). Pengaruh Pelatihan dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Daerah Pasar Surya Surabaya. Universitas Muhammadiyah Surabaya.
Mangkunegara, A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan (Cetakan Kesebelas). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mudrikah, E. (2019). Analisis Pelayanan Petugas Terminal Inspection Pada Perusahaan PT. Angkasa Pura I Dalam Menunjang Pelayanan Bagian Sisi Darat Di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Nazir, Moh. (2014). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Ramadhan, W. (2020). Sistem Pengawasan Fasilitas Bandara Oleh Unit Terminal Terminal Inspection Service Pada PT Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Ramona Ingrid, A. (2021). Peran Unit terminal Inspection Service Dalam Pengawasan Fasilitas Area Landside PT Angkasa Pura II (Persero) Selama Pandemi Covid-19 Di Bandar Udara Internasional Supadio Pontianak Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Resky, M. (2014). Fungsi Dan Kelemahan Unit Operasi Pelayanan Di Bandara. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik.
Robbins (2016). Manajemen Penilaian Kinerja Karyawan. Jakarta: Gaya Media,
Sailendra, A. (2015). Langkah-langkah praktis membuat SOP. Yogyakarta: Trans Idea Publishing.
Sobri, R. (2020). Analisis Kinerja Petugas Terminal Service Officer Dalam Perawatan Fasilitas Di Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid Lombok. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&B. Bandung: Aflabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
PT. Angasa Pura II. 2020 Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya di akses dari https://www.angkasapura2.co.id/id/business_relation/our_airport/30-bandara-tjilik-riwut. Pada tanggal 02 November 2022
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor: KM 20 Tahun 2005 Terminal Penumpang di akses dari https://jdih.dephub.go.id/assets/uudocs/permen/2005/km_no_20_tahun_2005.pdf. Pada tanggal 01 November 2022
Undang-Undang No.1 tahun 2009 tentang Penerbangan dalam pasal 219 ayat 1 di akses dari https://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/UU_2009_1.pdf. Pada tanggal 01 November 2022
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 178 Tahun 2015 Tentang Standar Pelayanan Pengguna Jasa Bandar Udara
Wijaya, H. (2018). Analisis Data Kualitatif Ilmu Pendidikan Teologi. Makassar: Sekolah Tinggi Theologia Jaffray Makassar.
Published
2023-09-05
How to Cite
Dwi Andika, & Aditya Dewantari. (2023). Analisis Kinerja Petugas Terminal Inspection Service (TIS) Dalam Melakukan Pengawasan Fasilitas Di Terminal Bandar Udara Tjilik Riwut Palangkaraya. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(3), 14-23. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i3.697