PENGARUH TINGKAT KEAMANAN DAN PELAYANAN PETUGAS AVSEC PASCA EVENT MOTOGP TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK

  • Irfan Maulana Haqiqi Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Nuning Agustina Ambarsari Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: Level of safety, service and passenger satisfaction

Abstract

Lombok's Zainuddin Abdul Madjid International Airport serves as the entry point for visitors and holidaying tourists. The increased movement of aircraft and passengers during MotoGP events will have a direct impact on the airport's ability to provide international standard services, security, comfort and safety for passengers. Aviation Security (AVSEC) plays an important role in ensuring the safety of passengers both on the ground and in the air. This study uses quantitative methods to measure the effect of the level of security and service provided by Avsec officers after the MotoGP event on passenger satisfaction at Zainuddin Abdul Madjid Lombok International Airport.  The sig value is 0.000 <0.05. This indicates that the variable level of security and service level have a simultaneous effect on passenger satisfaction. In this study, the R square value obtained was 0.641. Thus passenger satisfaction at Abdul Madjid Lombok International Airport is 64.1% influenced by the variable level of security and level of service.

 

References

Ali yusran m ibrahim, h. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Petugas Avsec di Security Check Point (SCP) Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Sultan Babullah Ternate. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Growth, Vol. 20, No. 2, 189-202.
Fathoni, M. (2011). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor Di Kota Batu. Jurnal Aplikasi Manajemen, Vol 9, No 3.
Ghazali, Imam. 2006. Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.
Gus Susanto, A. (2018). Analisa Standar Keamanan Terhadap Keselamatan Penerbangan Di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Jurnal Teknik dan Keselamatan Transportasi, Vol 1, No 1 , 1-4.
Ghozali. (2018) Uji Asumsi Klasik diakses pada 11 Januari 2023 melalui https://kc.umn.ac.id/.
Hilal, C. I. (2022). Pengaruh Pelayanan Keamanan Petugas Avsec Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Banyuwangi. Jurnal kewarganegaraan, vol. 6 no. 1, 715-719.
Kementerian Perhubungan. (2009). Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Jakarta
Kementerian Perhubungan. (2013). Peraturan Direktur Jenderal Perhubungan Udara Nomor SKEP/2765/XII/2010 tentang Tata Cara Pemeriksaan Keamanan Penumpang, Personel Pesawat Udara dan Barang Bawaan yang Diangkut dengan Pesawat Udara dan Orang Perseorangan. Jakarta
Pradana, I. P. (2022). Pengaruh Pelayanan Petugas Aviation Security Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Di Bandar Udara Komodo Labuan Bajo. Jurnal Kewarganegaraan, Vol. 6 No. 1 Juni, 793-801.
Primadi Candra Susanto, H. M. (2019). Personel Aviation Security Menjaga Keamanan Di Bandar Udara. Jurnal Aviasi Ilmiah Kedirgantaraan, Vol. 16 No.2 Edis, 15-21.
Sihombing. S. (2020). Pengaruh Pelayanan dan Fasilitas Digital Terhadap Kepuasan Penumpang Di Bandar Udara Internasional Kualanamu. Jurnal Perhubungan Udara, 60-70.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&B, Bandung, Alfabeta.
Utama, M. E. P., & Roellyanti, M. V. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Aviation Security Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Juanda Surabaya. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5748-5760.
Vicky Rahmadana Y. H. D., H. A. (2022). Penyelenggaraan Pagelaran Olahraga Balap Di Sirkuit Mandalika Sebagai Upaya Peningkatan Nation Branding Indonesia. Jurnal Moderat, Volume 8, Nomor 2, 284-302.
Zulaichah, Z., & Nahar, F. (2013). Sistem Pengelolaan Keamanan Penerbangan Untuk Mendukung Rencana Peningkatan Status Bandar Udara Menjadi Bandar Udara Internasional (Studi Kasus di Bandar Udara Abdulrachman Saleh–Malang). Warta Ardhia, 39(3), 192-206.
Published
2023-03-10
How to Cite
Irfan Maulana Haqiqi, & Nuning Agustina Ambarsari. (2023). PENGARUH TINGKAT KEAMANAN DAN PELAYANAN PETUGAS AVSEC PASCA EVENT MOTOGP TERHADAP KEPUASAN PENUMPANG DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL ZAINUDDIN ABDUL MADJID LOMBOK. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(1), 197-211. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i1.581