PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI ALAT KESEHATAN DAN OBAT OBATAN MEREK DEXA MEDICA PADA CV. MITRA CAHAYA NAULI

  • Dhea Sherinatasya
  • Kaharuddin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Mansur Tanjung Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

Abstrak Belakangan ini obat-obatan yang ada pada CV.Mitra Cahaya Nauli kurang diminati para masyarakat, karena banyaknya obat yang ada diapotik terdekat yang lebih paten serta murah harganya, hal inilah yang mempengaruhi konsumen mengambil keputusan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh ekuitas merek terhadap keputusan konsumen dalam membeli alat kesehatan dan obat-obatan merek Dexa Medica Pada CV. Mitra Cahaya Nauli. Hipotesis pada penelitian ini adalah Ekuitas merek dan harga berpengaruh secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam membeli alat kesehatan dan obat-obatan merek Dexa Medica pada CV. Mitra Cahaya Nauli.. populasi berjumlah 336 orang dan 25% dari populasi dijadikan sampel yakni 84 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan. Penelitian lapangan dan Studi kepustakaan Hasil penelitian diketahui variabel ekuitas merek dan harga dapat mempengaruhi variabel keputusan konsumen sebesar 60,5%. Ekuitas merek dan harga secara bersama-sama atau serempak berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Dimana nilai Fhitung sebesar lebih besar nilai Ftabel (61,931 > 3,11) Secara parsial ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen. Dimana nilai thitung = (5,461) lebih besar dari nilai ttabel (1,989), Secara parsial harga yang paling dominan mempengaruhi keputusan konsumen, maksudnya variabel harga lebih menentukan meningkatkan keputusan konsumen dibandingkan dengan ekuitas merek. Dimana nilai thitung = (8.886) lebih besar dari nilai ttabel (1,989). Persamaan regresi linier berganda Y = 11,315 + 0,315 X1 + 0,511 X2 keputusan konsumen menunjukkan kearah positif

References

Arikunto, Suharsimi. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta.: Rineke Cipta
Arnold Sonni Arista (2018) Pengaruh Ekuitas Merek (Brand Equity) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek Iphone (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Sumatera Utara). Skripsi. Medan : Universitas Sumatera Utara
Basu Swastha dan Irawan. (2015) Manajemen Pemasaran Modern, Liberty,
Yogyakarta
Crusyta (2017) Pengaruh Ekuitas Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kedai Restoe Iboe Sukabumi. Jurnal Penelitian STIE Pasim Sukabumi
Djaslim, Saladin. (2013) Manajemen Pemasaran Analisis, Perencanaan, Pelaksanaan dan Pengendalian. Edisi Ketiga. Bandung : CV. Linda Karya
Dwi Judhi (2016) Analisis Pengaruh Ekuitas Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris Pada Produk Sanitaryware Merek Ina) e-Jurnal Apresiasi Ekonomi. Volume 1, Nomor 3, September 2013
Khotijah (2013) Prinsip Pemasaran. Cetakan Ketujuh. Jakarta : Penerbit Erlangga
Kotler, Philip. (2013) Manajemen Pemasaran. Edisi 13. Jilid 2. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip. dan Amstrong, Gary. (2013) Prinsip-Prinsip Pemasaran. Alih Bahasa Iman Nurmawan. Jakarta : Erlangga.
Kotler dan Keller. (2015) Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi 13. Jakarta : Erlangga
Mustika Marnah (2018) Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Pada PT. Hadji Kalla Cabang Urip Sumoharjo Makassar. Sikirpsi Universitas Muhammadiyah Makassar Makassar
Sangadji, Etta Mamang dan Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta:
Andi,
Sekaran Uma& Bougie. (2017). Metode Penelitian Untuk Bisnis. Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat,
Simamora, Henry. (2014) Manajemen Pemasaran Internasional. Jilid II, Cetakan Pertama. Jakarta: Salemba Empat.
STIE Al-Washliyah Sibolga-Tapanuli Tengah. (2022) Pedoman Penulisan Skripsi. Sibolga Tapanuli Tengah
Sugiyono, (2012) Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Alfabeta
Suharno. (2016) Marketing in Practice. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sunarto (2012) Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Tetujuh. Penerbit UST Press : Yogyakarta.
Sutojo, Siswanto. (2012) Membangun Citra Perusahaan. Jakarta: Damar Mulia Pustaka.
Tjiptono, Fandy. (2016) Strategi Pemasaran, Edisi Kelima, Cetakan Kedua.Yogyakarta : Andi
Undang-Undang No. 15 Tahun 2001 tentang Merek
Published
2022-12-19
How to Cite
Dhea Sherinatasya, Kaharuddin, & Mansur Tanjung. (2022). PENGARUH EKUITAS MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI ALAT KESEHATAN DAN OBAT OBATAN MEREK DEXA MEDICA PADA CV. MITRA CAHAYA NAULI. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(1), 27-38. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i1.514