PENGARUH RAGAM PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. RESTU MULIA PANDAN

Authors

  • Jaka Surya Panggabean Universitas STEKOM

DOI:

https://doi.org/10.51903/53nx2t23

Keywords:

Ragam Produk, Harga, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh ragam produk dan harga terhadap keputusan pembelian pada UD. Restu Mulia Pandan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi korelasional. Penulis menggunakan 90 orang responden sebagai sampel yang diambil dari 10% populasi, jumlah populasi 900 orang. Metode analisis yang digunakan adalah teknik analisis keofisien korelasi berganda dan regresi linier berganda. Berdasarkan pengujian statistik secara parsial nilai t hitung 5,888 > t tabel 1,988 dan nilai signifikan 0,007 < 0,05, maka dapat diartikan bahwa ragam produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeli. Dan harga menunjukkan t hitung 2,760 > t tabel 1,988 dan signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat diartikan bahwa kelengkapan produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembeli. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F), nilai F hitung 119,583 > F tabel 3,10 dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang artinya ragam produk dan harga secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembeli. Nilai hasil koefisien korelasi berganda sebesar 0,856 atau 85,6% dimana berdasarkan interpertasi korelasi dinyatakan hubungan sangat kuat. Nilai angka R square menunjukkan sebesar 0,733 (73,3%), variabel keputusan pembeli dapat dijelaskan oleh ragam produk dan harga. Sedangkan sisanya yaitu 26,7% dijelaskan oleh variabel lainnya.

Kata Kunci : Ragam Produk, Harga, Keputusan Pembelian.

References

Buchari, Alma, 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta
Enos Korawa, S. S. 2018. Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Harga Terhadap Pembelian Ulang Konsumen. Jurnal Administrasi Bisnis, Volume 6 No.3
Gustina, Heni (2018) Pengaruh Harga Kelengkapan Produk Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Mini Market Masita. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Hasyim Hasanah, 2016, Teknik Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu Ilmu Sosial), Jurnal At-Taqaddum, vol.8, no.1, Universitas Islam Negeri Semarang
I.Masibbuk.,S.Moniharapon.,I.W.J.Ogi., (2019) Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan Dantata Letak Terhadap keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Golden Pasar Swalayan Di Kota Manado)
Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua, Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip and Kevin Lane Keller, (2016): Marketing Management, 15th Edition New Jersey: Pearson Pretice Hall, Inc.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2018. Principles of Marketing. Edisi 15 Global Edition. Pearson.
Ma'sumah, S. 2019. Kumpulan Cara Analisis Data Beserta Contoh Judul dan Hipotesis Penelitian. Banyumas: CV. Rizquna
Maskan, D. S. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian di Toko Semoga Jaya Kediri. JAB Jurnal Administrasi Bisnis E-ISSN: 204-5523 ISSN:2407-3741.

Downloads

Published

2024-12-17

How to Cite

PENGARUH RAGAM PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. RESTU MULIA PANDAN. (2024). Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 6(04), 15-26. https://doi.org/10.51903/53nx2t23