KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN (STUDI PADA DINAS KESEHATAN KAB DELI SERDANG)

  • Reitandi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Nur Ahmadi Bi Rahmani Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kinerja pegawai dalam hal pelayanan, kuantitas, kualitas, dan ketepatan waktu penyelesaian pekerjaan dalam kaitannya dengan pemberian pelayanan kesehatan di Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang. Dengan fokus pada Disiplin Petugas Pelayanan yaitu kemampuan karyawan mentaati peraturan sesuai dengan ketentuan khususnya pada saat jam kerja, dengan demikian metode penelitian kualitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini. Variabel independen tidak dibandingkan atau dihubungkan dengan variabel lain. Pengalaman dan kemampuan milik masing-masing karyawan sesuai dengan profesi dan jenjang pendidikannya masing-masing merupakan kemampuan dari Petugas Pelayanan. Hal ini untuk mengidentifikasi perhatian atau kesulitan pada fenomena yang ada dan mampu melaporkan fakta di lapangan secara akurat. Peneliti juga mengumpulkan data dari responden tentang kinerja petugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang, yang akan memungkinkan mereka untuk menilai kinerja petugas di sana dan menentukan seberapa baik pandangan masyarakat terhadap kontribusi petugas terhadap kesehatan masyarakat di Kabupaten Deli Serdang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa petugas di Dinas Kesehatan Kabupaten Deli Serdang melakukan pekerjaan yang baik dalam meningkatkan standar kesehatan. Dilihat dari kinerja pegawai, mereka telah melakukan yang terbaik untuk melayani warga Kabupaten Deli Serdang; Namun demikian, terdapat tantangan di lingkungan sekitar, antara lain kurangnya transportasi yang dapat diandalkan menuju dinas kesehatan di Kabupaten Deli Serdang.

References

Andrizul dan Yoserizal, 2013. Rekrutmen dan Penempatan Pegawai. Jurnal Kebijakan Publik, AA. Anwar Prabu Mangkunegara. 2000. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Azrul, Azwar. 2003 : Manajemen Pelayanan Kesehatan. Jakarta : Banacipta Dwiyanto,
Agus. 2009. Reformasi Birokrasi, Kepemimpinan dan Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gava Media Harbani. 2007 Teori Administrasi Publk, Bandung : Alfabeta
Kurniawan, Agung. 2005. Transformasi Pelayanan Publik Yogyakarta : Pembaruan
Mangkunegara A. Anwar Prabu, 2000. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosda Karya
Mashun, M. 2006 Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Pnerbit BPFE. Jakarta.
Moenir, A. S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara
Rivai,Vitzai., 2005 Performance Appraisai, Sistem Yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan Dan Meningkatkan Daya Saing Edisi Kedua, Jakarta : PT. Raja Grafindi Persada
Sinambela. (2006). Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta : PT. Pertja
Published
2022-12-12
How to Cite
Reitandi, & Nur Ahmadi Bi Rahmani. (2022). KINERJA PEGAWAI DALAM MENINGKATKAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN (STUDI PADA DINAS KESEHATAN KAB DELI SERDANG). Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(1). https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i1.473