MANAJEMAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MA SALAFIAH PAJARAKAN PROBOLINGGO

  • Moh Hasan Rahmatullah Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Muhammad Hasanudin Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

Seiring dengan arus perkembangan ilmu dan teknologi yang terjadi diera globalisasi ini, benar-benar telah merubah cara sudut pandang manusia dan menuntut berbagai aspek kehidupan manusia untuk memulai aktifitas mereka dengan cara – cara yang baru dan sesuai dengan perkembang zaman ini, tak bisa di pungkiri sektor pendidikan juga harus melakukan hal yang serupa supaya tidak ketinggalan zaman. Jurnal ini berjudul Manajemen sumber daya manusia dalam meningkatkan kinerja guru MA salafiah. Penelitian ini di latar belakangi oleh mengurangnya profesionalitas kinerja guru dalam melaksanakan tugas-tugasnya di lembaga sekolah dan tenaga pendidik merupakan peran paling fital dalam mencapai suksesnya lembaga. Dalam jurnal ini peneliti menggunakan metode kualitatif dengan cara teknik intrerview, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dalam manajemen sumber daya manusia ialah : 1). Pembekalan bagi para guru, 2). Pemanfaatan  para  pegawai  yang sudah ada, 3). Membangun dan mengembangkan lembaga secara bersamaan supaya sekolah dapat mencapai tujuannya, dan menjadikan lulusan yang berguna dimasa depan. Faktor pendukung diantaranya ialah, kepala madrasah telah memenuhi kompetisi menajerial, supervisi, sosial, kepribadian yang baik dan juga Kurikulum madrasah telah memiliki muatan lokal yang sesuai dengan karakter daerah. Sedangkan faktor penghambat  diantaranya ialah, Tenaga pendidik masih ada yang  belum memenuhi standar dan belum menyelesaikan Sarjana dan sedikit guru yang bersertifikas.

References

Al Fadjar, Ansory, Meithiana Indrasari Manajemen Sumber Daya Manusia, Edisi Pertama, Sidoarjo: Indomedia Pustaka, 2018.
Hasmiyati, Gani Ali, IlmuPendidikan Islam, (Jakarta: Quantum Teaching Ciputat Press Group, 2008).
Irham Fahmi, S.E., Ak., M.B.A. Manajemen Sumberd Daya Manusia Teori Dan Aplikasi . (Cetakan Pertama Januari 2020).
Ma. nullang, M &Amnullang Marihot. Amh.. Manajemen Personalia. Yogyakarta: Gajah Mada University Press. 2008.
Nawawi, Hadari. Kepemimpinan yang efektif. Yogyakarta: Gadjahmada Press. .2013
Prof. Dr. Hj. Nurul Ulfatin Dan Teguh Triwiyanto, M.Pd. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Raja Wali Press,
Syaiful Bahri Djamarah, Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif, (Jakarta: Rineka Cipta, 2005).
Sekretariat Negara RI, Undang -Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Sekratariat Negara RI, Jakarta, 2003.
Published
2022-11-30
How to Cite
Moh Hasan Rahmatullah, & Muhammad Hasanudin. (2022). MANAJEMAN SUMBER DAYA MANUSIA DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU MA SALAFIAH PAJARAKAN PROBOLINGGO. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(2), 183-191. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i2.443