PENGARUH DEBT MATURITY, DEWAN KOMISARIS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, EFESIENSI INVESTASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN

  • Ilham Dermawan Rusmiati Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dirvi Surya Abbas Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hamdani Hamdani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dewi Rachmania Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Debt Maturity (STD), Dewan Komisaris (DK), Kepemilikan Instutisional (KI) dan Efesiensi Investasi (ROA) terhadap Kinerja Keuangan.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mepengaruhi Kinerja Keuangan. Faktor-faktor tersebut adalah Debt Maturity (STD), Dewan Komisaris (DK), Kepemilikan Institusional (KI) dan Efesiensi Investasi (ROA). Data yang digunakan adalah data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri barang konsumsi. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Dengan metode ini, diperoleh 10 perusahaan yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan menggunakan eview versi 10.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dewan Komisaris, Kepmilikan Institusional dan Efesiensi Investasi tidak berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan dan Debt Maturity berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan.

References

Ang, Robert. 2010. Buku Pintar Pasar Modal Indonesia. Edisi 7. Jakarta:Media Soft Indonesia.
Bernandhi, Riza. 2013. Pengaruh Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Institusional, Kebijakan Deviden, Leverage dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro.
Damarjati, A., Akuntansi, D., Ekonomika, F., Diponegoro, U., Prof, J., & Sh, S. 2018. Pengaruh Leverage, Debt Maturity, Kebijakan Deviden, dan Cash Holding terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di BEI tahun 2017 ). 7, 1–12.
Dewi, Sari Murti., & Mulyani, Erly. 2020. Pengaruh Kepemilikkan Asing, Leverage, Cash Holdings dan Debt Maturity terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Property dan Real estate yang terdaftar pada BEI Tahun 2014-2018). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 2(3), 2893-2911
Fahmi, Irham. 2011. Analisa Laporan Keuangan. Bandung:Alfabeta
Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Herry. 2015. Controllership: Manajemen Strategis, Pengendalian Internal. Jakarta: Gramedia Widiasarana.
Published
2022-11-23
How to Cite
Ilham Dermawan Rusmiati, Dirvi Surya Abbas, Hamdani Hamdani, & Dewi Rachmania. (2022). PENGARUH DEBT MATURITY, DEWAN KOMISARIS, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL, EFESIENSI INVESTASI TERHADAP KINERJA KEUANGAN. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(4), 41-55. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i4.433