PENGARUH ENVIRONMENT DISCLOSURE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE

  • Alifah Fauzi Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dirvi Surya Abbas Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Imam Hidayat Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Triana Zuhrotun Aulia Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Lingkungan, Masalah, Pengelolaan.

Abstract

Sehubungan dengan banyaknya terjadinya bencana alam, perubahan iklim, dan permasalahan lingkungan merupakan masalah yang penting dan menjadi pusat perhatian pada saat ini. Ketiga masalah tersebut merupakan dampak dari pencemaran lingkungan yang salah satunya disebabkan oleh semakin berkembangnya kegiatan di setiap negara. Meskipun pertumbuhan ekonomi meningkat karena adanya kegiatan industri di  lain pihak industri juga merupakan penyebab pencemaran lingkungan. Isu lingkungan menjadi masalah penting di berbagai negara khususnya di Indonesia. Permasalahan lingkungan terus menjadi sorotan serta perbincangan dan saat ini dalam dunia bisnis terjadi peningkatan usaha dalam hal pengelolaan serta pelestarian lingkungan, hal ini disebabkan adanya dorongan dari luar perusahaan. Beberapa tahun terakhir ini Indonesia mengalami peningkatan permasalahan pencemaran lingkungan hidup (Suratno, 2006) Dalam Putra & Utami (2017)

 

References

Ihsan, M. (2017). Pengaruh Environmental Performance Dan Environmental Disclosure Terhadap Economic Performance (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia) Tahun 2014-2016. In Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lastanti, H. S., & Salim, N. (2019). Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Dan Kinerja Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan. Jurnal Akuntansi Trisakti, 5(1), 27–40. https://doi.org/10.25105/jat.v5i1.4841

Sari, W. H., Agustin, H., & Mulyani, E. (2019). Pengaruh Good Corporate Governance dan Kinerja Lingkungan Terhadap Pengungkapan Lingkungan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2013-2017). Jurnal Eksplorasi Akuntansi, 1(1), 18–34.

Published
2022-11-23
How to Cite
Alifah Fauzi, Dirvi Surya Abbas, Imam Hidayat, & Triana Zuhrotun Aulia. (2022). PENGARUH ENVIRONMENT DISCLOSURE, GOOD CORPORATE GOVERNANCE, DAN ENVIRONMENTAL PERFORMANCE TERHADAP ECONOMIC PERFORMANCE. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(4), 01-15. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i4.430