Pengaruh CR, TATO, ROA dan Pertumbuhan Laba Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan terdaftar di BEI

  • Dwi Wahyuning Tiyas Universitas Islam Kadiri
  • Edi Murdiyanto Universitas Islam Kadiri
  • Zulfia Rahmawati Universitas Islam Kadiri
Keywords: CR, TATO, ROA, dan Pertumbuhan Laba

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Current ratio, Total asset Turnover dan Return On Asset terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan sub sektor konstrusi dan bangunan yang terdaftar di Bursa efek Indonesia tahun 2015-2020 baik secara parsial dan simultan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sumber data sekunder. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan perusahaan sub sektor konstruksi dan bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2020 sebanyak 7 perusahan, sehingga jumlah data sebanyak 42. Metode sampel adalah purposive sampling. Teknik analisis menggunakan teknik analisis regresidata panel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan terhadap pengaruh Current Ratio, Total Asset Turnover dan Return On Asset terhadap pertumbuhan laba. secara parsial diperoleh hsil bahwa Current Ratio memiliki pengaruh negatif dan tidak sinifikan terhadap pertumbuhan laba. Total Asset Turnover memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap pertumbuhan laba. Return On Asset memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan laba.

Published
2022-09-12
How to Cite
Dwi Wahyuning Tiyas, Edi Murdiyanto, & Zulfia Rahmawati. (2022). Pengaruh CR, TATO, ROA dan Pertumbuhan Laba Perusahaan Sub Sektor Konstruksi Bangunan terdaftar di BEI . Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(3), 141-153. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i3.397