Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Menggunakan Metode Objek Oriented
DOI:
https://doi.org/10.51903/a49m7w68Keywords:
Sistem Informasi, Penjualan Online, Negosiasi, OOAD, ICONIX.Abstract
Penelitian ini berjudul "Perancangan Sistem Informasi Penjualan Model Negosiasi Menggunakan Object Oriented" yang bertujuan untuk mengembangkan aplikasi sistem informasi penjualan berbasis web untuk Toko Dariku Indonesia. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi informasi, e-commerce menjadi metode pemasaran yang penting bagi perusahaan. Toko Dariku Indonesia, yang bergerak dalam penjualan piyama, menghadapi tantangan dalam meningkatkan efisiensi administrasi dan penjualan melalui platform online. Penelitian ini mengidentifikasi kebutuhan akan website yang dapat mengelola transaksi penjualan online dengan fitur tawar menawar. Metode yang digunakan adalah Object Oriented Analysis and Design
(OOAD) dengan pendekatan ICONIX, yang berfokus pada kebutuhan pengguna. Penelitian ini mencakup perancangan dan implementasi website yang memungkinkan konsumen untuk melakukan negosiasi harga, serta pengelolaan data transaksi oleh administrator. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas layanan dan penjualan Toko Dariku Indonesia, serta menjadi referensi bagi pengembangan website serupa di masa depan.
References
Hadiwiyanti, R., Fitri, A. S., Khrisnawati, E. A., & ... (2023). Information System Analysis and Design for Student Scores Management Using Iconix Process. Inform: Jurnal Ilmiah, 8(2), 132–136. https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform/article/view/5141
Hutasuhut, D. I. G., Ambiyar, A., Verawardina, U., Alfina, O., Ginting, E., & ... (2021). E-Learning Pembelajaran Ilustrasi Menggunakan Metode Iconix Process. J-SHAKTI (Jurnal Sains Komputer Dan Informatika) 5(1), 29–38.
Negoro, R. A., Triayudi, A., & Iskandar, A. (2023). Implementasi E-Commerce Clothing Line Menggunakan Metode Design Thinking dan System Usability Scale. Jurnal Riset Komputer, 10(1), 2407–389. https://doi.org/10.30865/jurikom.v10i1.5634
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R & D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.
Oktaviani, I., Hasanah, N., & Mahmudati, R. (2022). E-Commerce Pada Toko Baju XYZ Dengan Menerapkan Metode Customer Relationship Management (CRM). Biner, 1(2), 99–104. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/biner
Pressman, R. S., & Maxim, B. R. (2019). Software Engineering: A Practitioner’s Approach (9th ed.). McGraw-Hill Education.
Rabbani, A. R., Muftiadi, A., & Sukoco, I. (2021). Penerapan Design Thinking Terhadap Usaha Baju Di Toko Setal Pangkalpinang Dengan Menggunakan Website Sebagai Salah Satu Solusi. Rainstek Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 167–175. https://doi.org/10.21067/jtst.v3i3.6046
Rani, A. F., Wicaksono, A. S., & Herlambang, D. A. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pengajuan Cuti Pegawai Menggunakan Pendekatan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) (Studi Pada PT. Pos Indonesia Surabaya Kebonrojo). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 5470–5479. http://j-ptiik.ub.ac.id
Robudin, & Andryani, R. (2023). Sistem Penjualan Baju Pada ID Store Berbasis Website. 15(1), 704–712.
Rosa, A. S., & Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika.
Samsiariska, A. (2016). Implementasi Metode Bargaining Zone Pada Proses Tawar-Menawar Multi Product di PT. Araya Distriversa Lestari Cabang Malang. 1–7.
Sasangka, I., & Rusmayadi, R. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Volume Penjualan. Jurnal Ilmiah Online STIE Muhammadiyah Bandung, 2(1), 129–154.
Sinaga, M., & Malau, E. P. (2018). Sistem Informasi Penjualan pada Karo Rumah Mode di Simalingkar berbasis Web. Media Informasi Analisa Dan Sistem, 3(1), 56. https://media.neliti.com/media/publications/282520-sistem-informasi-penjualan-pada-karo-rum-2abee8d3.pdf
Sofian, D., Yuliadi, & Rusdan. (2020). Penjualan dan Pemesanan Baju Merk Kisse: Sebuah Rekayasa E-Commerce. Indonesian Journal of Engineering, 1(1), 21–31. https://unu-ntb.e-journal.id/ije/article/download/6/4
Soufitri, F. (2023). Konsep Sistem Informasi. PT. Inovasi Pratama Internasional.
Sujarwo, D., Tullah, R., & Mariana, A. R. (2023). Penerapan E-Commerce Berbasis Web pada Usaha Java Bordir (JB) dalam Upaya Meluaskan Jangkauan Penjualan. Jurnal Topik Global, 2(1), 30–35.
Syarif, M. I., Hannum, M., Wahyuni, S., & Nurbaiti. (2023). Potensi Perkembangan E-Commerce dalam Menunjang Bisnis di Indonesia. Geografi Universitas Gadjah Mada, 2(1), 11–14. https://doi.org/10.56427/jcbd.v2i1.30 .