A SISTEM INFORMASI KEUANGAN BERBASIS WEB PADA TOKO RETAIL SRI REJEKI

-

  • NUR ROKHMAN - UNIVERISATAS SAINS DAN TEKNOLOGI KOMPUTER
Keywords: Kata kunci : Sistem Informasi Keuangan, Berbasis web, Toko Retail, sri Rejeki

Abstract

Sistem yang baik untuk sebuah perusahaan melibatkan integrasi yang efisien antara proses, teknologi, dan sumber daya manusia. Ini mencakup manajemen data yang terorganisir, komunikasi yang lancar, efisiensi operasional, serta peningkatan berkelanjutan melalui pemantauan dan evaluasi secara teratur.

        Toko Sri Rejeki dalam hal ini belum menerapkan sistem informasi yang terkomputerisasi dalam pencatatan transaksi jual beli sembako dan penerimaan barang dari suplier masih menggunakan nota manual.  Pembuatan laporan keuangan dan persediaan barang secara manual sering terjadi kesalahan dan memerlukan waktu lama sehingga menghambat untuk perencanaan pengendalian keuangan dan persediaan barang dapat berjalan secara efektif oleh pemilik toko.

         Pada toko Sri Rejeki yang dihasilkan dapat mengelola transaksi keuangan, pengelolaan persediaan barang dan laporan keuangan yang dapat digunakan untuk mengetahui kondisi keuangan dan ketersediaan barang menjadi lebih cepat, efektif dan efisien selain itu, sistem informasi akuntansi tersebut memiliki manfaat dapat mengetahui apa saja transaksi keuangan penjualan dan penerimaan barang untuk perencanaan dan pengendalian secara cepat tepat dan efisien serta pemilik mampu mengetahui kondisi keuangan yang digunakan untuk pengambilan keputusan oleh     pemilik.

References

Abdurahman, M. (2017). Sistem Informasi Pengolahan Data Pembelian dan Penjualan pada Toko Koloncucu Ternate. IJIS-Indonesian Journal On Information System, 2(1), 18-26.
Asmawati , E., Absari, D. T., Herlambang, A., & Haryono, Y. (2017). Asmawati, Endah, et al. "Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Produksi Pada UMKM Kerupuk Sidoarjo. Teknika, 1-6.
Darmawan, D., & Fauzi, K. N. (2016). Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Enterprise, J. (2016). Pengenalan HTML dan CSS. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Enterprise, J. (2018). HTML,PHP,dan MySQL untuk Pemula. Jakarta: Elex media komputindo.
Enterprise, J. (2017). PHP Komplet. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Firdaus, D. W., & Rahmawati, L. (2018). Perancangan Sistem Informasi
Akuntansi Laporan Perhitungan Hasil Usaha. Jurnal Riset Komputerisasi Akuntansi Universitas Komputer Indonesia, 236-248.
Haqi, B. (2019). APLIKASI SPK PEMILIHAN DOSEN TERBAIK METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING(SAW) DENGAN JAVA. Yogyakarta:Deepublish Publisher.
Indrajani. (2015). Database Design. Yogyakarta: Elex Media Komputindo. Irviani, R., & Oktaviana, R. (2017). Aplikasi Perpustakaan Pada SMA N1
Kelumbayan Barat Menggunakan Visual Basic. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 8(1), 63-69.
Madcom. (2016). Pemrograman PHP Dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: C.V.Andi.
Mandar, R. (2017). Solusi Tepat Menjadi Pakar Adobe Dreamweaver CS6. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.
Munifah, Siswanto, & Pramuditya. (2021). “Sistem Informasi Akuntansi Arus Kas pada Dinas Perhubungan Kabupaten Kendal menggunakan metode Accrual basic “. Jurnal Sistem Informasi dan Informatika
Nasution, A. Q., & Suryadi, L. (2018). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Pembelian Barang Dengan Metodologi Berorientasi Obyek Studi Kasus :Pt Primastian Metal Pertama. Jurnal IDEALIS , 1 (4), 17.
Nawang, M., Kurniawati, L., & Duta, D. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Pengolahan Data Persediaan Barang Berbasis Dekstop Dengan Model Waterfall. Jurnal Pilar Nusa Mandiri , 13 (2), 233.
Panjaitan, R., & Ilhamiyah, S. (2020). Analisa Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas Di Kecamatan Pringapus. Surakarta Accounting Review , 2 (2).
Premasti, D. F., Furqon, M. T., & Candra, D. (2017). Pramesti, Dyang Falila, M. Tanzil Furqon, and Candra Dewi. "Implementasi Metode K-Medoids Clustering Untuk Pengelompokan Data Potensi Kebakaran Hutan/Lahan Berdasarkan Persebaran Titik Panas (Hotspot). urnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 96
Published
2024-01-23