Penerapan Sistem Informasi Untuk survei Marketplace dalam Bisnis Keatif UMKM Berbasis E-commerce

Teguh Setiadi, Laksamana Rajendra Haidar Azani Fajri, Susanti Dwi Ilhami

  • Teguh Setiadi Universitas Sain dan Teknlogi Komputer
  • Laksamana Rajendra Haidar Azani Fajri Universitas Sains dan Teknologi Komputer (Universitas Stekom)
  • Susansi Dwi Ilhami Universitas YPPI Rembang

Abstrak

Perkembangan UMKM saat ini merupakan salah satu usaha produktif yang sering dilakukan oleh sebagian besar masyarakat bisnis Indonesia, khususnya dalam bentuk media online perkembangan era milenial. E-commerce memberikan keuntungan bagi UKM, namun saat ini hanya sedikit UKM yang telah mengadopsi e-commerce. Oleh karena itu, perlu diketahui faktor-faktor yang mendorong UKM mengadopsi e-commerce dalam meningkatkan kinerja operasional. Selama ini penelitian tentang e-commerce hanya dilakukan pada skala bisnis besar saja dan jumlahnya banyak di luar Indonesia. Sistem e-commerce ini menggunakan metode waterfall. Metode ini melakukan pendekatan secara sistematis dan teratur mulai dari tingkat kebutuhan sistem hingga tahap analisis, desain, pengkodean, pengujian atau verifikasi, dan pemeliharaan. Metode waterfall harus menyelesaikan tahap penyelesaian sebelumnya dan berjalan secara berurutan. Dengan adanya sistem e-commerce dapat menyediakan sarana pemesanan dan pengenalan secara online serta dapat mengelola laporan penjualan secara berkala, sehingga dapat membantu para member dalam memesan produk yang diinginkan pelanggan kapanpun dan dimanapun mereka berada dengan sistem informasi. Membuat jualan online lebih mudah dan mempercepat nilai promosi.

Referensi

[1] Bestary Gambrien, Risnandar dan Ade Rahmat Iskandar, 2012; E-Commerce untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) (Studi Kasus : Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan); Jurnal Teknologi Informasi Politeknik Telkom Vol. 1, No. 4, November 2012
[2] Fitriana Rahayu, 2018; Penggunaan Media Online Untuk Bisnis Oleh Perempuan (Studi Deskriptif Pengelolaan Informasi untuk Bisnis dengan Media Online oleh Perempuan pada Komunitas WOSCA); jurnal informatika vol 2, hal 4-20
[3] Safitri Juanita, 2010; Analisa Strategi Bisnis Penjualan Online, artikel ilmiah, Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Budi Luhur, ISSN: 2088-8252
[4] Ginanjar Sri Lakutomo, 2014; Analisis Pemasaran Terhadap Bisnis Online (Ecommerce) Dalam Jaringan Sosial Internet, Naskah Publikasi Ilmiah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis.Jurusan Studi Manajemen.Universitas Muhammadiyah Surakarta
[5] Shabur Miftah Maulana, Heru Susilo, Riyadi, 2015; Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 29 No. 1 Desember 2015
[6] Adik Susilo Wardoyo, 2015; Bisnis Online Di Indonesia Ke Depan Dan Analisa Dengan Swot, Artikel Ilmiah Magister Teknik Elektro program Pascasarjana Universitas Mercubuana
[7] Ilhami, S. D., & Setiadi, T. (2022). Penguatan Produk “Dapur Riswi" Guna Meningkatkan Penjualan Melalui Peningkatan Strategi Pemasaran. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks" SOLIDITAS"(J-SOLID), 5(2), 202-210.
[8] Setiadi, T., Rasminto, H., & Rohmah, S. U. (2022). SISTEM INFORMASIPENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PELANGGAN TERBAIK MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) PADA MINIMARKET UTAMA KENDAL. Jurnal Publikasi Manajemen Informatika, 1(2), 12-20.
[9] Siswanto, E. (2022). Perancangan Sistem Informasi Customer Relationship Management Berbasis Model RFM berbasis WEB. JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN MULTIMEDIA, 2(1), 42-51.
[10] Setiadi, T. S., & Filosova, N. M. (2022). Aplikasi Sistem Informasi E-Menu Pada Seblak Gaul Septi Menggunakan Metode Least Square. Teknik: Jurnal Ilmu Teknik dan Informatika, 2(1), 31-39.
Diterbitkan
2023-06-16