Perancangan Jaringan Hotspot Di Smk Muhammadiyah 3 Weleri Menggunakan Mikrotik Dengan Server Proxy Eksternal

Teguh Setiadi, Deden Ginanjar Saputra

  • Teguh Setiadi Universitas Sain dan Teknlogi Komputer
Keywords: hotspot; mikrotik;  internet; jaringan komputer

Abstract

Kemajuan teknologi informasi pada saat ini terus berkembang seiring dengan kebutuhan manusia yang menginginkan kemudahan, kecepatan dan keakuratan dalam memperoleh informasi, oleh karena itu kemajuan teknologi informasi harus terus di upayakan dan ditingkatkan kualitas dan kuantitasnya. Salah satu kemajuan teknologi informasi di bidang transmisi pada saat ini yang berkembang selain fiber optic ialah penggunaan perangkat wireless LAN kemudian dikembangkan menjadi teknologi yang sering disebut Hotspot. Selain itu, para pengguna yang ingin terhubung internet melalui hotspot harus memasukan username dan password agar dapat terhubung dengan internet. Maka, tidak semua orang dapat menggunakan fasilitas hotspot, ditambah dengan pengaturan management user hotspot dapat mengatur kecepatan internet, waktu yang diperbolehkan menggunakan internet dan hak akses, dari setiap user sesuai dengan kebutuhan yang sudah ditentukan dengan menggunakan alat router MikroTik.

 

 

References

[1] Vivanda, T. W. E., & Susanti, A. I. Rancang Bangun Sistem Jaringan Hotspot Berbasis Manajemen User Dengan Menggunakan Userman dan Radius Server Pada Mikrotik Routerboard di SMK Negeri 1 Kemlagi. Jurnal Tecnoscienza, 3(2), 245-260., 2019
[2] Sutanta, E., & Lestari, U., Perancangan Dan Implementasi User Manager Pada Hotspot Mikrotik Menggunakan Metode Queue Tree Tipe PCQ. Jurnal Jarkom, 7(2), 112-120. 2019.
[3] Zulkarnaen, M. F., & Hendrayani, H. E., Manajemen User dan Bandwidth Pada Hotspot Laboratorium SMK Negeri 2 Praya Tengah Menggunakan Mikrotik. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 85-90. 2018.
[4] Lubis, M. D. S. ,Membangun Router Pada Jaringan Komputer Menggunakan Ubuntu OS. JTIK (Jurnal Teknik Informatika Kaputama), 4(2), 111-125. 2020.
[5] Putri, I. P. E., Triyono, J., & Sutanta, E. Manajemen Bandwidth Menggunakan Metode Simple Queue & Queue Tree Dengan Tipe Penjadwalan Pcq Pada Hotspot Mikrotik Wisma Muslim. Jurnal Jarkom, 7(2), 121-129, 2019.
[6] Simpony, B. K.. Simple Queue Untuk Manajemen User dan Bandwidth di Jaringan Hotspot Menggunakan Mikrotik. Jurnal Informatika, 8(1), 87-92. 2021.
[7] Dharmavaram, A. D., Savithri, T. S., & Sai, S. L.. Design and implementation of real time data acquisition system using reconfigurable SoC. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 11(9)., 2020.
[8] Udi, U. Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habib Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Informatika, 4(1).,2018.
[9] Setiadi, T., & Syafaat, I. N. Sistem Informasi Pendeteksi Asap Rokok Menggunakan Sensor Mq-2 Pada Klinik Berlian Limpung Berbasis Arduino Uno, 2022.
Published
2022-10-06