PENGARUH SISTEM PELAYANAN BANK SYARIAH INDONESIA SAROLANGUN TERHADAP KEPUASAN NASABAH

  • Pebiola Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Suhar Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
  • Muhammad Ismail Universitas Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddin Jambi
Keywords: Service Quality, Customer Satisfaction

Abstract

At  this  time,  as  we  know,  conventional  banks  are  very  superior  compared  to  Islamic  banks,  therefore  Islamic  banks  are  always  intensive  in  service  quality  to  increase  customer  satisfaction.  Bank  Syariah  Indonesia,  the  Sarolangun  branch,  always  makes  improvements  to  service  for  customers  in  various  ways.  Currently,  Bank  Syariah  Indonesia  Sarolangun  is  very  concerned  about  the  quality  of  bank  services,  which  is  to  see  how  much  customer  satisfaction  is  for  the  services  performed  by  the  bank.  Events  that  have  occurred  at  the  Indonesian  Islamic  bank  Sarolangun  where  some  of  the  customers  on  the  bank's  side  experienced  services  that  were  a  little  detrimental  to  customers,  therefore  in  this  study  to  try  to  see  how  the  quality  of  service  performed  by  the  bank  whether  the  services  provided  were  satisfying  or  vice  versa.  Does  the  service  quality  of  the  Indonesian  Islamic  bank  sarolangun  affect  customer  satisfaction  which  has  experienced  poor  and  unsatisfactory  service  by  the  customer.

This  is  a  field  research  (field  research)  descriptive  quantitative  approach  using  the  charter  method  to  measure  customer  satisfaction  with  the  bank,  this  research  is  through  validity  testing,  reliability  testing,  classical  assumption  testing  and  simple  linear  regression  testing  by  managing  the  data  of  several  numbers  obtained  from  the  questionnaire  and  then  describe  and  conclude  the  results  of  these  data  in  order  to  determine  the  significant  relationship  of  service  quality  to  measure  customer  satisfaction

References

Ali Hasan, Marketing Bank Syariah ( Bogor, Ghalia Indonesia,2010), H.103

Daryanto, Konsumen dan Pelayanan Prima, ( Yogyakarta: gava Media, 2014 ), Hal 90

Endang sugiarto, psikologi pelayanan dalam industri jasa ( jakarta: gramedia, 2002 ) Soetanto

Ety Rochacty, Metodologi Penelitian Bisnis (Jakarta : Penerbit Mitra Wacana Media, 2009) hal 78

H Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariat dengan SPSS, ( Semarang : Badan Penerbit Universitas di ponegoro

Hadi dan Haryono, Metodologi Penelitian Pendidikan, ( Bandung : Pustaka Setia,1998) Hal 129

Hadinoto, Bank Ritel Mikro dan Konsumen, ( Jakarta :PT Elex Media Komputindo kelompok Gramedia, 2009 ) Hal 128

Kamsir,Pemasaran Bank,( Jakarta; kencana, 2005 ), Hal 232

Kasmadi, Penelitian Modren Penelitian Kuantitatif,( Bandung: Alfabeta,2004) Amrul

Kasmir, Pemasaran Bank, ( Jakarta Kencana, 2004 ) 213

Kasmir,Manajemen Perbankan ( Jakarta: Raja Grapindo Persabda, 2014), h 231-232

M. Iqbal Hasan, Pokok- Pokok Materi Statistik2 (Statistik Infresnsif ) ( Jakarta : putra 2010 ) hal 219 2009

M. Nur Rianto Al Arif, dasar dasar Pemasaran Bank syariah, ( Bandung: Alfabet,2010)

Saifudin Anwar,Metode Penelitian ( Yogyakarta: pustaka pelajar, 1991) ,Hal 21

Singgih Santoso ,SPSS, ( Jakarta : Gramedia, 2004 ), hal 27

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, ( Bandung : CV Alfabeta,2004 ), Hal 135

Lady Octavia Limbong.”Pengaruh Pelayanan dan Kinerja Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Bank.’studi kasus danamon cabang bogor skripsi sekolah pertanian bogor Oktober 2009, di akses pada 6 januari 2018

Nina indah febriana, kualitas layanan Bank,” Analisis Kualitas Pelayanan Bank Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Muamalat Indonesia.” ( Tulungagung Fakultas Institut Agama Islam Negri ( IAIN) Vol.3, 2016

Wirdayani Wahab, Pelayanan Bank,” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah,” ( pekan baru,ilmu Ekonomi Mahaputra Riau, Vol.2, 2017) h 6

Hiliyati Mun Ummaya.” Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah BMT Berbasis Pelayanan.” Studi Kasus pada KS-BMT Masjid Al –Azhar Jakarta” ( Skripsi S1 Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2009 ) H. 15

Eswika nilasari dan istiatin, Fakultas Ekonomi,” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pada Dealer PT. Ramayana Motor Sukoharjo,” ( Surakarta : Universitas Islam Batik Surakarta, Vol, 13. No 01, 2015)

Dwi Ariani dan Febrina Rosita,” Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Pelanggan dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan.” ( Bisnis dan Birokrasi, Jurnal Administrasi dan Organisasi,hlm 114 )

Putri Dwi Cahyani, “Tingkat Kepuasan Nasabah Terhadap Kualitas Layanan Perbankan Syariah di Yogyakarta”, Tahun ( 2016)

Longginus,” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah ,”Skripsi Fakultas Ekonomi program studi Manajemen, ( Yogyakarta 2016 ) , Hal 41 . di akses 15Januari 2018.

Juzan Tri Hartono, Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Jasa Perbankan Terhadap Kepuasan Nasabah (studi kasus pada PT.BPR Bank Jogja ) ,Tesis Program Magister Manajemen Universitas Gundarma,2010.

Agus,” Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT Bank Mandiri Persero TBK cabang Pingrang .”

Yuhanna,” Analisis Kualitas Pelayanan Nasabah Berbasis Prinsip Syariah

Malik Ibrahim, and Sitti Marijam Thawil. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggam.” Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT 4, no. 1 (n.d.): 175–82.

Monica, Chintia, and Doni Marlius. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Bank Nagari” 07, no. 01 (2023).

Nafsi, Rahmat, and Sabri. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Perbankan Syariah” 4, no. 1 (2020): 19–39.

Putra, Rizky Pratama, and Sri Herianingrum. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Islami Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah Bank BRI Syariah Surabaya.” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan 1, no. 9 (December 2, 2015): 622. https://doi.org/10.20473/vol1iss20149pp622-635.

Risal, Taufiq. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada BMT Kampoeng Syariah .” Jurnal Ekonomi dan Bisnis 4, no. 2 (n.d.): 117–25.

Published
2023-10-07