PENGARUH KEPERCAYAAN, FASILITAS, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DI MR. BOB KAMPUNG INGGRIS PARE

  • Novi Milawati Universitas Islam Kadiri
  • Trisnia Widuri Universitas Islam Kadiri
  • Beny Mahyudi Universitas Islam Kadiri
Keywords: Kepercayaan, Fasilitas, Kualitas Pelayanan, dan Kepuasan Konsumen

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen di Mr. Bob Kampung Inggris Pare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pengaruh Kepercayaan secara parsial dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, (2) Pengaruh Fasilitas secara parsial dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, (3) Pengaruh Kualitas Pelayanan secara parsial dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen, (4) Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas, dan Kualitas Pelayanan secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen.

Pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan metode pengambilan sampel probability sampling. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa variabel kepercayaan, fasilitas, dan kualitas pelayanan berpengaruh secara simultan dengan nilai Sig. 0,000<0,05. Secara parsial kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan Sig. 0,002<0,05. Fasilitas berpengaruh tapi tidak signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan Sig. 0,448>0,05. Kualitas Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan Sig. 0,000<0,05. Persamaan regresinya Y = 2,159+0,251X1+0,043X2+0,388X3, koefisien determinasi sebesar 64,5%.

References

Andari, M. P., & Mulyantomo, E. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Hotel Pandanaran Semarang): Majalah Ilmiah Solusi, Vol. 18 (3).
Arifin, Samsul. (2011). Pengaruh Kepercayaan, Fasilitas Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Jepara Indah: Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, Vol. 8.
Fahreza, A. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Po. New Shantika). Skripsi. Kudus. Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Juliana, J., Tanujaya, T., & Nathaniel, N. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Hotel dan Fasilitas Hotel Terhadap Kepuasan Pelanggan: Judicious, Vol. 2 (1).
Karsono, (2006). Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.
Kotler, P dan K. Keller. (2009). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (Edisi Milenium). Jakarta: PT. Prehallindo.
Moha, S., & Loindong, S. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Hotel Yuta Di Kota Manado: Jurnal EMBA, Vol. 4 (1).
Munawaroh, N.A & Trisnia, W. (2022). Understanding Customer Loyalty Through Customer Satisfaction: Journal of Management & Business, Vol. 5 (1).
Oktiyani, R., & Nainggolan, K. (2016). Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sma Negeri 1 Klaten. Analisis Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Guru Di SMA Negeri 1 Klaten: Ecodemica, Vol. IV (2).
Putranto, T. A. W. A. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Konsumen Studi Kasus pada Konsumen PT. Kereta Api Indonesia Daerah Operasional VI Yogyakarta: Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 1–110.
Sulle, Yonatan. (2022). Pengaruh Kepercayaan , Kualitas Pelayanan Dan Komitmen Nasabah Studi Kasus Pada Bank Papua Cabang Kepi: Jurnal Ilmu Hukum, Humaniora, dan Politik, Vol. 2 (1).
Susanti, D., & Wahyuni, D. U. (2017). Pengaruh Faktor Kepercayaan, Kualitas Layanan, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan Kereta Api: Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, Vol. 6 (5).
Tjiptono, Fandy. (2001). Strategi Pemasaran (Edisi Pertama) Yogyakarta: Andi Offset.
Wulandari, S., & Suwitho. (2017). Pengaruh kepercayaan dan kualitas layanan terhadap kepuasan konsumen asuransi jiwa: Jurnal Ilmu & Riset Manajemen, Vol. 6 (9).
Published
2022-10-17