Analisis Penerapan Sop Petugas Ground Handling Dalam Melayani Special Passenger Maskapai Citilink Di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta

  • Rafli Zaki Ghufroon Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Awan Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: Penerapan, SOP, Special Passengers.

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini ialah petugas pasasi yang kurang ramah dan kurang tanggap terhadap special passenger dalam melakukan pelayanan. Akibat hal tersebut, muncul permasalahan sehingga penumpang khusus hampir ketinggalan pesawat dan penumpang khusus terutama penumpang yang membawa bayi yang tidak membawa identitas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kesesuaian  dan penerapan prosedur oleh petugas ground handling dalam melayani penumpang khusus Maskapai Citilink Indonesia. Tujuan dari dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan sop petugas ground handling dalam melayani penumpang khusus Maskapai Citilink Indonesia di bandar udara Internasional Soekarno Hatta  (CGK) Tanggerang, Banten.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian dilakukan dan dilaksanakan mulai tanggal 13 maret 2023 sampai dengan 26 maret 2023. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data yang diperoleh dari dokumen perusahaan dan melalui observasi dan wawancara kepada narasumber dalam penelitian ini ialah para petugas pasasi Maskpai Citilink.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penerapan prosedur dalam menangani penumpang khusus maskapai citilink yang dilakukan oleh para petugas ground handling sudah sesuai dengan prosedur yang ada meskipun masih ada petugas ground handling ada beberapa petugas yang mungkin tidak menjalakan prosedur yang ada dalam menangani atau melayani penumpang khusus Maskapai Citilink di bandar udara Internasional Soekarno Hatta, karna penanganan penumpang khusus ini harus sesuai dengan prosedur yang ada agar tercipta pelayanan yang baik, peneliti juga berpedoman dengan standart oprasional prosedur atau SOP yang ada di maskapai Citilink Indonesia.

References

Andi Prastowo. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva Press.
Ardiansyah, R., & Boiziardi, A. S. (2021). Penerapan standar operasional prosedur PT. Pelni selaku operator kapal penumpang di pelabuhan teluk bayur. Normative Jurnal Ilmiah Hukum, 9(1 April), 39-53.
Danang, Sunyoto. (2013). Metodologi Penelitian Akuntansi. Bandung: PT Refika Aditama Anggota Ikapi.
DWI NUR RAHMAWATI, S. H. A. F. I. R. A. (2021). ANALISIS PENERAPAN PROSEDUR PELAYANAN PENUMPANG DENGAN PERHATIAN KHUSUS (SPECIAL PASSENGER) DI PT GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).
Kemenhub [Kementrian Perhubungan] 2015 Peraturan Menteri Nomor PM 185 Tentang Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri.
Kemenhub [Kementrian Perhubungan] 2013 Undang-undang No.1 Tentang Penerbangan Dan PM.69 Tahun 2013 Tentang Tatanan Kebandarudaraan Nasional.
Kriyantono, R. (2020). Teknik praktis riset komunikasi kuantitatif dan kualitatif disertai contoh praktis Skripsi, Tesis, dan Disertai Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Rawamangun: Prenadamedia Group.
Octaria, S. (2020). Perlindungan Hukum Terhadap Ketiadaan Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Sebagai Penumpang Pesawat Terbang oleh Maskapai Penerbangan di Indonesia di Tinjau Dari Undang-Undang No. 1 Tahun 2009 Tentang Penerbangan.
Mukti, T. C. (2017). Pengaruh standar operasional prosedur (SOP) pelayanan terhadap kepuasan konsumen. JMK (Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan), 2(1), 14-26.
Moleong, Lexy. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Rahman, R. (2021). ANALISIS KINERJA RAMP HANDLING PT GAPURA ANGKASA TERHADAP KELANCARAN PENERBANGAN BERDASARKAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP) PADA MASKAPAI GARUDA INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL SUPADIO PONTIANAK (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD).
Sinaga, I. L. (2018). Pengaruh Standar Operasional Prosedur Terhadap Kepuasan Penanganan Penumpang Yang Berkebutuhan Wchs dan Lansia) Pada Maskapai Silkair Yogyakarta di PT. Jasa Angkasa Semesta Tbk (Doctoral dissertation, STP AMPTA Yogyakarta).
SOP Pelayanan, 27 Agustus Tahun 2021 Edisi 02, Hal 5.2
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alphabet.
Suryono. Bedah Dasar Periodonsia. Depublish. Yogyakarta: 2014
Widoyoko, Eko Putro. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Published
2023-09-05
How to Cite
Rafli Zaki Ghufroon, & Awan. (2023). Analisis Penerapan Sop Petugas Ground Handling Dalam Melayani Special Passenger Maskapai Citilink Di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta . Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(3), 35-44. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i3.687