Analisis Kualitas Pelayanan Petugas Check-In Counter Maskapai Citilink Indonesia Di Bandar Udara International Soekarno-Hatta

  • Adediko Putra Pratama Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Eny Sri Haryati Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
Keywords: Kualitas pelayanan petugas check-in counter maskapai Citilink Indonesia

Abstract

Check-incounter adalah proses kelanjutan dari pelayanan ticketing, dimana para penumpang melakukan proses pelaporan keberangkatannya di bandar udara yang meliputi pelaporan tiket penerbangan untuk memperoleh tiket dan barang bawaan penumpang (bagasi) tersebut. Kualitas pelayanan yang baik dapat di ukur dari pelayanan petugas maskapai, Semakin besar pelayanan petugas yang diberikan kepada penumpang maka kualitas pelayanan semakin baik. Maskapai penerbangan harus memperhatikan kualitas pelayanan agar penumpang tidak meragukan maskapai tersebut. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetaui kualitas pelayanan petugas Check-In Counter di maskapai Citilink dan untuk mengetahui bagaimana upaya menigkatkan pelayanan petugas Check-in Counter maskapai citilink di Bandar Udara International Soekarno-Hatta.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, penelitian dilakukan dilaksanakan mulai tanggal 18 maret sampai 28 maret 2023. Data penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder.  Informen dalam penelitian ini adalah petugas check-in counter maskapai Citlink. Analisis data yang digunakan penelitian ini adalah tringulas.  Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan  petugas check-in counter pada maskapai Citilink di bandar Udara International Soekarno-Hatta sudah dikatakan baik. Hal tersebut ditinjau dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi penelitian. Pelayanan di unit check-in counter untuk pelayanan sudah cukup baik sesuai SOP dan sejauh ini petugas Check-in Counter menjalankan tugasnya sesuai SOP yang berlaku. Kualitas pelayanan petugas check-in counter maskapai citilink di Bandar Udara International Soekarno-Hatta  pelayanannya cukup baik, tanggapan dan responnya baik, sigap dalam melayani penumpang dalam melakukan check-in, ramah dan sopan sehingga panumpang merasa puas atas jasa dan pelayanan yang diberikan oleh petugas check-in counter Maskapai Citilinkdi Bandar Udara International Soekarno-Hatta.

References

Fadillah, N. (2021). Analisis kepuasan penumpang terhadap kualitas pelayanan check-in counter di Bandar Udara International Zainudin Abdul Madjid Lombok Praya (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD)).
Undang-undang Republik Indonesia Nomer 1 Tahun 2009 Penerbangan. 17 Desember 2008. Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2009. Jakarta
ICAO. Annex 9, Facilitation, Tentang Definisi dan Penerapan, Bandar Udara Internasional
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor Pm 30 Tahun 2021. Standar Pelayanan Penumpang Kelas Ekonomi Angkutan Udara Niaga Berjadwal Dalam Negeri. Departemen Perhubungan.
Peraturan Menteri Perhubungan Reublik Indonesia Nomor 38 Tahun 2015. Waktu Standar Check In Hingga Sop Krisis Maskapai. Retrieved From News.Detik.Com:Https://News.Detik.Com/Berita/D-2842952/Permenhub-382015-Atur-Waktu-Standar-Check-In-Hingga-Sop-Krisis-Maskapai
Prayudhista, E. & Aminatuzzuhro, I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Check-In Counter terhadap Kepuasan Penumpang oleh PT. Gapura Angkasa di Bandar Udara Internasional Yogyakarta. Jurnal Kewarganegaraan, 6(1), 289-297.
Septiana, A. (2021). ANALISIS KINERJA PETUGAS CHECK IN COUNTER PADA PT. GAPURA ANGKASA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA
Kusumayanti, F. A. (2022). Alisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Check-in counter Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Citilink Pada Masa Pandemi di Masa Pandemi di Bandar Udara International Juanda. Ground Handling Dirgantara, 4(01), 168-177.
MARYANTI, W. (2019). Pengaruh Kualitas PelayananCheck-In Counter Terhadap Kepuasan Penumpang Maskapai Garuda Indonesia di Bandar Udara International Lombok. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Krdirgantaraan Yogyakarta).
Riska Vini Fefiani (2021) . pengaruh petugas Check-In Terhadap Kepuasan Penumpang di Bandar Udara Tebelian Sintang, Kalimantan Barat. Skripsi thesis,Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta.
Moleong, lexy J. 2017. Metelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prastowo, 2019. Memahami Metode-Metode penelitian, Mengenai penelitian Kualitatif. Jakarta.
Ramadhini, Syelin Anjani. 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Penerbangan Maskapai Citilink Di Yogyakarta International Airport Kulon Progo. https://digilid.sttkd.ac.id/1756/. Diakses pada 9 Desember 2022.
Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Jakarta: Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.
Sari, Novita. (2021). Analisi Pelayanan Check-in counter terhadap kepuasaan penumpang pada maskapai Nam Air di Bandar Udara Internasional Tebelian. Skripsi thesis, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan (STTKD). Yogyakarta
Service, D. L. (2022). Total Penerbangan Maskapai Citilink. Tangerang: Gapura Angkasa.
Sugiyono, (2015).Mengenai jenis data primer dan sekunder.
Sugiyono, (2019). Analisis data penelitian kualitatif model miles dan huberman mengenai reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Alfabeta: Yogyakarta
Sutrisno,H. (2019). Analisis Tingkat Kualitas Pelayanan Petugas Check-in Maskapai Garuda Indonesia Cabang Bandar Udara Internasional Pattimura Ambon (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta).
Nurhaedah. (2019). PENERAPAN PROSEDUR CHECK-IN COUNTER GARUDA
INDONESIA DI BANDAR UDARA INTERNASIONAL LOMBOK. Tugas Akhir thesis, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA.
Published
2023-09-05
How to Cite
Adediko Putra Pratama, & Eny Sri Haryati. (2023). Analisis Kualitas Pelayanan Petugas Check-In Counter Maskapai Citilink Indonesia Di Bandar Udara International Soekarno-Hatta. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(3), 24-34. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i3.686