Analisis Pengaruh Pembelian Online Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening

  • Widodo Wibisono Politeknik Pratama Purwokerto
  • Moh. Hidayatul Holili Universitas STEKOM
Keywords: Pembelian online, Minat beli, Keputusan pembelian.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui pengaruh pembelian online terhadap minat beli konsumen dalam membeli produk online dan untuk mengetahui pengaruh minat beli konsumen secara online terhadap  keputusan pembelian konsumen.  Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner sebanyak 100 responden, kemudian dikumpulkan dan di cek validitasnya kemudian disajikan secara informatif dan ilmiah. Setelah itu data diolah secara komprehensif dan descriptive-analytic. Kemudian data diuji dengan statistik SEM (Structural Equation Model) untuk mengetahui keterkaitan antara berbagai variabel. Hasil penelitian menyatakan bahwa hipotesis yang pertama yang mengatakan bahwa pembelian online berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen secara online ternyata terbukti secara signifikan. Hal tersebut dapat dilihat di tabel 6.3.1. bahwa pengaruh pembelian online memiliki nilai T- statistic di atas 1,664 yaitu sebesar 8,086. Sedangkan hasil uji hipotesis kedua yang mengatakan bahwa Minat beli konsumen secara online berpengaruh      positif terhadap keputusan pembelian konsumen ternyata terbukti secara signifikan. Hal tersebut juga dapat dilihat di tabel 6.3.1. bahwa Minat beli konsumen secara online memiliki nilai T- statistic di atas 1,664 yaitu sebesar 10.799.

References

Ahmed, Zahid. (2017). A Study on the Factors Affecing Consumer Buying Behavior Towords Online Shopping in Pakistan Citation,”
Anggoro, dan Widhiarso, W. (2010). Konstruksu dan Identifikasi Properti Psikometris Instrumen Pengukuran Kebahagiaan Berbagis Pendekatan Indigenous Psychology. Jurnal Psikolog. Vol 37, No. 2. Hal. 176-188.
Bonita, V. B, Sendow, M. G. dan Hasan. (2017). Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Emba Vol. 5 No. 2
Chang, Kai dan Le Zhang. (2015). The Effect Of Corporate Ownership Structure On Environmental Perfomance. WSEAS Transaction On System And Control. Vol. 10. ISSN 224-2856
Ferdinand, Agusty. (2002). Structural Equation Modelling dalam Penelitian Manajemen. Semarang : FE UNDIP.
Firona, W. dan Iskandar, D. (2018). Pengaruh pembelian Online dan Media Sisoal melalui Facebook terhadap Minat Beli Konsumen. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis. Fakultas Ekonomi UNIAT. Vol. 3.
Ghozali, Imam. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : Badan Penerbit UNDIP.
Harahap, D. A., & Amanah, D. (2018). Perilaku Belanja Online di Indonesia : Studi Kasus. Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
Loekamto, A. (2012). Implementasi Technology Acceptance Model (TAM) dalam Online Shopping. Kajian Ilmiah Mahasiswa Manajemen. 1 (3).
Mahendrayasa, Andhanu Catur., Srikandi. (2014). Pengaruh Word of Moth terhadap Minat Beli serta Dampaknya pada Keputusan Pembelian. Fakultas Ilmu Administrasi. Universitas Brawijaya.
Martono, Nanang. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT Raya Grafindo Persada.
Philip Kotler dan Kevin L. Keller. (2006). Manajemen Pemasaran edidi ke 12 Jilid ke 1. New Jersey, Indeks
Putri, Citra Sugianto. (2016). Pengaruh Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie melalui Minat Beli. Jurnal Manajemen. Vol. 1 No. 5.
Published
2022-11-22
How to Cite
Widodo Wibisono, & Moh. Hidayatul Holili. (2022). Analisis Pengaruh Pembelian Online Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(3), 219-237. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i3.566