Satlogi Santri Sebagai Sistem Nilai,Etika Dan Falsafah Hidup pesantren Zainul hasan Genggong

  • Siti Patima ayu Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Siti RomlaH Universitas Islam Zainul Hasan Genggong
  • Muhammad Zainul Ikrom Universitas Islam Zainul Hasan Genggong

Abstract

satlogi santri yang diyakini dan dimaknai sebagai magnet sosial sehingga dapat mempengaruhi perilaku dan tindakan sosial individu, sehingga nilai di atas menjadi modal sosial pesantren dalam membangun pendidikan Islam inklusif. paradigma. Pendidikan Islam inklusif pada dasarnya merupakan ekspresi holistik dari perjuangan dan benturan kearifan lokal yang dibangun atas dasar al-Qur'an dan al-Hadits. Dengan demikian, mencermati kondisi pendidikan Islam di Indonesia dengan berbagai permasalahan dan tantangannya tentunya memerlukan terobosan baru dalam membangun pendidikan Islam yang lebih terbuka atau inklusif, dengan menjadikan kearifan lokal satlogi santri sebagai kekuatan utama untuk membangun dan mempengaruhi individu. pemikiran dan tindakan sosial, sehingga dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten. berpikiran terbuka, mampu menghargai perbedaan dan menciptakan harmonisasi sosial, sesuai dengan kondisi sosial dan jati diri bangsa, dengan mengutamakan sikap saling menghargai perbedaan, menjaga keharmonisan hidup berdasarkan sistem nilai, sebagai acuan sekaligus pengendali utama dan pola pikir pendidikan Islam masa depan

References

Ngainun Naim, Menjadi Guru Inspiratif Memberdayakan dan Mengubah Jalan Hidup Siswa, (Yogyakarta: Pustaka ‎Pelajar, 2011).‎
Departemen Agama. 2009. Al-Quran dan Terjemahnya. PT Sygma Examedia Arkanleema. Jakarta.
Al Habib zainal abidin bin ibrahim bin smith al alawi al husaini, tanya jawab akidah ahlussunah wal jamaah , LTN NU berkerjasama dengan khalista Surabaya 2009.
Al Bukhori al jami'u al sahih, juz III ,salafiyah,Qairo.
Departemen agama RI, al qur'an dan terjemahnya,juz 1 juz 30,pustaka agung harapan Surabaya.
Hamid ahmad,percik percok keteladanan kiai hamid Pasuruan,lembaga informasi dan studi islam Pasuruan 2001.
UNESCO-IBE. 2000. Globalization and Living Together: The Challenges for Educational Content in Asia. New Delhi: UNESCO – Central Board of Secondary Education, India.
Willmott, W. (2004). Rocks and landscapes of the national parks of Southern Australia. Brisbane: Geological Society of Australia, Queensland Division.
Kemenyan Barus Untuk Sang Raja. 2013. Kompas. 29 Desember: 1.
Instansi. Sudarti. 2009. Masa Klasik Tarumanegara di Wilayah Pandeglang Provinsi Banten. Laporan Hasil Penelitian Arkeologi. Bandung: Balai Arkeologi Bandung.
Hunter, K. (1988). Heritage Education in the Social Studies. (http://www.ed.gov/databases/ERICDigest/Index/ED30036, diakses 9 Januari 2002).
Badudu, J.S. 1993. Inilah Bahasa Indonesia yang Benar I. Jakarta : PT Gramedia.
Published
2022-12-19
How to Cite
Siti Patima ayu, Siti RomlaH, & Muhammad Zainul Ikrom. (2022). Satlogi Santri Sebagai Sistem Nilai,Etika Dan Falsafah Hidup pesantren Zainul hasan Genggong. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 5(1), 19-26. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v5i1.513