PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM

  • Ivo Murtafiqotus Zamani

Abstract

Hingga detik ini kacamata perencanaan pendidikan di lingkungan pendidikan islam, baik secara besar ataupun kecil, tetap dinilai sebagai sesuatu yang tidak penting. Perencanaan pendidikan yang semestinya dapat menjadi serpihan dalam pengembangan pendidikan islam. Perencanaan pendidikan itu sendiri merupakan suatu rangkaian dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan target yang hendak diraih. Jenis pendekatan pengembangan kelembagaan sebetulnya sudah lama dan banyak dibahas oleh para penelaah bidang keilmuan.  Artikel ini menetralkan Perencanaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi islam, serta bermacam peluang juga solusi yang mungkin mampu dilaksanakan dalam mengembangkan pendidikan islam di tahun depan. Artikel ini juga memberikan berbagai solusi model perencanaan pendidikan islam, khususnya berhubungan dengan aspirasi masyarakat yang menjadi pemangku pendidikan. Mengenai konsekuensi yang diinginkan dalam perencaan ini ialah mampu mengartikan target yang hendak diraih dan terarah dilakukan secara baik dan efisien.  Hingga detik ini kacamata perencanaan pendidikan di lingkungan pendidikan islam, baik secara besar ataupun kecil, tetap dinilai sebagai sesuatu yang tidak penting. Perencanaan pendidikan yang semestinya dapat menjadi serpihan dalam pengembangan pendidikan islam. Perencanaan pendidikan itu sendiri merupakan suatu rangkaian dalam menentukan kebijakan yang berhubungan dengan target yang hendak diraih. Jenis pendekatan pengembangan kelembagaan sebetulnya sudah lama dan banyak dibahas oleh para penelaah bidang keilmuan.  Artikel ini menetralkan Perencanaan dan Pengembangan Lembaga Pendidikan Tinggi islam, serta bermacam peluang juga solusi yang mungkin mampu dilaksanakan dalam mengembangkan pendidikan islam di tahun depan. Artikel ini juga memberikan berbagai solusi model perencanaan pendidikan islam, khususnya berhubungan dengan aspirasi masyarakat yang menjadi pemangku pendidikan. Mengenai konsekuensi yang diinginkan dalam perencaan ini ialah mampu mengartikan target yang hendak diraih dan terarah dilakukan secara baik dan efisien. 

References

Dalimunthe, Ritha F, 2003. Keterkaitan antara Penelitian Manajemen dengan Pendidikan dan Pengembangan Ilmu Manajemen, Medan: Universitas Sumatra Utara
Somantri M.Pd, Dr. Manap, 2014. Perencanaan Pendidikan, Bogor: IPB Press
Kusnawan, Aep, 2010. Perencanaan Pendidikan Tinggi Dakwah Islam, Jurnal Ilmu Dakwah Vol 4 No. 15, UIN SGD Bandung, Januari-Juni 2010, 899-920
Mitrohardjono M, Nuryasin M, 2019. Strategi Perencanaan Pengembangan Pendidikan Islam Di Indonesia, Jurnal tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, Vol 4 No. 2, Jakarta
Mubin, Fakhul, 2020. Pengembangan Model Perencanaan Pendidikan, OSF Preprints. June 6. doi:10.31219/osf.io/5fk6n.
Nawawi, H. Hadari, 2001. Perencanaan SDM untuk Organisasi Profit, Yogyakarta: Gadjah Mada University
Priyanto, Dwi, 2011. Pengembangan Perencanaan Pendidikan Islam (Konsep Strategi Pengembangan di Indonesia), INSANIA Vol 16 No. 3, Desember 2011, 295-307
Syarif, Maryadi, 2022. Teori dan Model Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Tinggi Islam, Media Akademika Vol 28 No. 3, IAIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Juli 2013, 1-17
Salahuddin, Marwan, 2014. Model Pengembangan Pendidikan Tinggi Islam Di Indonesia, Jurnal Studi Keislaman Vol 18 No. 1, INSURI Ponorogo, Juni 2014, 121-138
Published
2022-12-11
How to Cite
Ivo Murtafiqotus Zamani. (2022). PERENCANAAN DAN PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGGI ISLAM. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(2), 103-111. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i2.467