PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN LISTRIK PASCABAYAR DAN LISTRIK PRABAYAR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PLN (PERSERO) SALAK, PAKPAK BHARAT

  • Sugeng Arifandi Banurea Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Siti Aisyah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Abstract

PLN (Persero) merupakan sebuah badan usaha milik negera (BUMN) yang dimiliki oleh Indonesia yang bergerak dalam bidang kelistrikan yang dipimpin oleh Menteri BUMN yaitu Bapak Erick Tohir. Dalam hal ini PT. PLN (Persero) yang mengurusi semua aspek kelistrikan yang ada Indonesia. Kepuasan pelanggan tentunya menjadi prioritas utama dalam visi dan misi PT. PLN, maka dari itu perlunya meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan kepada para pengguna. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT. PLN (persero) Salak, Pakpak Bharat kepada dua pengguna meteran listrik yaitu listrik Prabayar dan Pascabayar

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan yang diberikan akan sangat berpengaruh pada kepuasan para pelanggan

References

Nuranita, Silmi “AnalisaPerbandinganKwh Meter PrabayarDenganNonprabayar Di Lihat Dari SisiKeekonomisannya Di PT. PLN (Persero)” Skripsi, 2012.
Masram, Mu’ah. 2014. Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Zifatama Publisher, Sidoardjo.
Salahuddin “Perbandingan Energy ListrikKwhPrabayarDenganPascabayar” Jurnal Energy Elektrik Vol. V
Saktiani.2015. Pengaruh Kualitas Layanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 4 No. 2, ISSN 2442-6962
Nugroho. 2013. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Pranada Media, Jakarta..
Fuady, M, 2015. Perseroan Terbatas: Paradigma Baru, Penerbit PT Citra Aditya Bakti, Bandung.
Haryanto, Farid Firmansyah.2019. Manajemen Kualitas Jasa Peningkatan Kepuasan &Loyalitas Pelanggan. Duta Media, Pamekasan.
Candrianto, 2021.Kepuasan Pelanggan Suatu Pengantar. CV. Literasi Nusantara Abadi, Malang.
Agus, Nufal Harif. 2022. Manajemen Pemasaran Jasa: Strategi Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Scopindo, Surabaya.
Hery. 2019. Manajemen Pemasaran. PT Grasindo, Jakarta.
Purboyo, Suwandi. 2021. Perilaku Konsumen (Tinjauan Konseptual dan Praktis). Media Sains Indonesia, Bandung.
Published
2022-12-10
How to Cite
Sugeng Arifandi Banurea, & Siti Aisyah. (2022). PERBEDAAN KUALITAS PELAYANAN LISTRIK PASCABAYAR DAN LISTRIK PRABAYAR TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT PLN (PERSERO) SALAK, PAKPAK BHARAT. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(1). https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i1.466