PENGARUH CAPITAL INTENSITY, COMPETITIVE ADVANTAGE, DAN SIZE TERHADAP CORPORATE REPUTATION

  • Risa Risyani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dirvi Surya Abbas Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Imam Hidayat Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Daniel Rahandri Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Corporate Reputation, Capital Intensity, Competitive Advantage, Size.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Capital Intensity, competitive advantage, size, dan current ratio terhadap corporate reputation pada perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Periode waktu yang digunakan adalah 7 tahun yaitu 2015-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejumlah 410 perusahaan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang ditetapkan maka diperoleh 96 perusahaan sebagai sampel. Jenis data yang digunakan adalah data. sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi data panel menggunakan software Eviews 9.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa capital intensity, size & current ratio tidak berpengaruh terhadap corporate reputation, competitive advantage berpengaruh negative terhadap corporate reputation. Dan Capital Intensity, Competitive advantage, Size dan Current ratio secara bersama-sama memilik pengaruh terhadap Corporate Reputation.

References

Abbas, D., Hakim, M. Z., & Istianah, N. (2019), Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, Leverage, Dan Kepemilikan Saham Publik Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Pada Perusahaan Makanan Dan Minumanyang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2017), Competitive Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 1-25. Https://Doi.Org/Http://Dx.Doi.Org/10.31000/C.V3i2
Abbas, D. S., Rahandri, D., Kismanah, I., & Ardiyanti, A. (2022). Competitive Advantage as Role Moderation Between System-Driven Performance and Economic Performance. Quantitative Economics and Management Studies, 3(2), 235-244.
Anindita, M. Y. K. P. (2013). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Dan Tipe Industri Terhadap Pengungkapan Sukarela Pelaporan Keberlanjutan. E Journal Uajy.
Terhadap Kepuasan Pasien (Kasus Rumah Sakit Islam Ibnu Sina Pekanbaru). Journal of Chemical Information And Modeling, 53(9), 1689-1699 Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004
Azzahra, A. S., & Nasib. (2019). Pengaruh Firm Size Dan Leverage Ratio Terhadap Kinerja Keuangan Pada Perusahaan. Jwem Stie Mikroskil, 9(April), 13-20
Bergh, D. D., Ketchen, D. J., Boyd, B. K., & Bergh, J. (2010). New Frontiers Of The Reputation-Performance Relationship: Insights From Multiple Theories. Journal Of Management. Https://Doi.Org/10.1177/0149206309355320
Bharadwaj, S. G., Varadarajan, P. R., & Fahy, J. (1993). Sustainable Competitive Advantage In Service Industries: A Conceptual Model And Research Propositions. Journal Of Marketing. Https://Doi.Org/10.2307/1252221
Black, E. L., Carnes, T. A., & Richardson, V. J. (2000). The Market Valuation Of Corporate Reputation. Corporate Reputation Review, 3(1), 31-42.Https://Doi.Org/10.1057/Palgrave Crr. 1540097
Christensen, H. K. (2016). Defining Customer Value As The Driver Of Competitive Advantage. Https://Doi.Org/10.1108/10878571011072048
Dunbar, R. L. M., & Schwalbach, J. (2000). Corporate Reputation And Performance In Germany Corporate Reputation Review Https://Doi.Org/10.1057/Palgrave Crr.1540106
Eberl, M., & Schwaiger, M. (2005). Corporate Reputation: Disentangling The Effects On Financial Performance. European Journal Of Marketing, 39(7-8), 838-854. Https://Doi.Org/10.1108/03090560510601798
Eksandy, A. (2018). Metode Penelitian Akuntansi Dan Manajemen. In Accounting
Evans, J. C., & Kartikaningdyah, E. (2019). Pengaruh Corporate Social Responsibilty Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Journal Of Applied Managerial Accounting, 1(1), Https://Doi.Org/10.30871/Jama Vlil.1237 37-44
Gusti, N., Putu, A., Putri, S., & Hatane, E. (N.D.). Pengaruh Corporate Reputation Terhadap Financial Performance Melalui Innovation Capability Sebagai Intervening Variable Pada Industri Perhotelan Di Surabaya.
Herja, I. S. (2012). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas Perusahaan, Laba Rugi Perusahaan, Reputasi Kantor Akuntan Publik (Kap) Dan Opini Auditor Terhadap Audit Delay Pada Perusahaan Yang Terdaftar Di Bei Tahun 2011-2012. 1-16.
Hermawan, B. (2011). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan, Reputasi Merek Dan Loyalitas Konsumen Jamu Tolak Angin PT. Sido Muncul. Jurnal Manajemen Teori Dan Terapan, 4(2), 9-17. Https://Doi.Org/10.20473/Jmtt. V412.2415
Li, S., Ragu-Nathan, B., Ragu-Nathan, T. S., & Subba Rao, S. (2006). The Impact Of Supply Chain Management Practices On Competitive Advantage And Organizational Performance. Omega. Https://Doi.Org/10.1016/J.Omega 2004.08.002
Miles, R. E., Snow, C. C., Meyer, A. D., & Coleman, H. J. (1978). Organizational Strategy, Structure, And Process, Academy Of Management Review. Academy Of Management. Https://Doi.Org/10.5465/AMR. 1978.4305755
Munif, Zahra, A., & Prabowo, T. J. W. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Indeks Pengungkapan Corporate Social Responsibility Di Indonesia (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan Yang Listing Di BEI) 1-87.
Paramita, C. C. P., & Laura, N. (N.D.). Mencapai Keunggulan Bersaing Usaha Kecil Menengah Catarina. 105(3). 129-133. Https://Webcache. Googleusercontent.Com/Search?Q-Cache Bdsuqohoci4j: Https://Media.Neliti.Com/Media/Publications/9138-Id-Perlindungan Hukum-Terhadap-Anak-Dari-Konten-Berbahaya-Dalam-Media-Cetak-Dan-Elf.Pdf+&Cd-3&HI-Id&Ct Cink&GI-Id
Paylosa, F. (2014). Pengaruh Strategi Bisnis Dan Desentralisasi Terhadap Hubungan Antara Pemanfaatan Informasi Sistem Akuntansi Manajemen Dan Kinerja Manajerial. Jurnal Akuntansi FE Universitas Negeri Padang, Volume 9.(1), 1-20.
Putra, Y. S., S., &. S. (2018). Analysis Of Differentiation Strategies To Create Competitive Advantages In Facing Global Markets. Kne Social Sciences. Https://Doi.Org/10.18502/Kss. V3i3.1888
Roberts, P. W., & Dowling, G. R. (2002). Corporate Reputation And Sustained Superior Financial Performance. Strategic Management Journal Https://Doi.Org/10.1002/Smj.274
Rossendhy, F. W., & Subekti, I. (N.D.). Modal Intelektual, Kinerja Perusahaan Dan Reputasi Perusahaan Pada Bank Umum Di Indonesia. 1-27.
Sagala, R. (2006). Pengaruh Persepsi Kualitas, Harga, Reputasi Perusahaan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Jasa Penerbangan Lion Air Pada PT Vina Tour & Travel Medan. 17, 183-204.
Sitorus, H. (2015). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Perguruan Tinggi Swasta (Pts) Pada Universitas Di Jakarta Barat Helena. Vii(2), 132-144.
Soemali, R. N., & Dharmayanti, D. (2015). Pengaruh Product Innovation, Product Quality Dan Brand Image Terhadap Customer Loyalty Dengan Competitive Advantage Sebagai Variabel Intervening Di Pt. Wijaya Indonesia Makmur Bicycle Industries Gresik, 2(1).
Sudarmadji, A. M., & Sularto, L. (2007). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Dan Tipe Kepemilikan Perusahaan Terhadap Luas Voluntary Disclosure. Jurnal Gunadarma.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Https://Doi.Org/10.1017/CBO9781107415324.004
Tampi, N. H. R. (N.D.). Analisis Strategi Diferensiasi Produk, Diferensiasi Layanan Dan Diferensiasi Citra Terhadap Keunggulan Bersaing Dan Kinerja Pemasaran. 3(4), 68-81.
Wardani, D. K., & Khoiriyah, D. (2018). Pengaruh Strategi Bisnis Dan Karakteristik Perusahaan Terhadap Penghindaran Pajak. 2(1), 25-36.
Supardi, h., & Suratno, H. (2016). Pengaruh Current Ratio, Debt To Assets Ratio, Total Assets Turnover Dan INflasi Terhadap Return On Asset. Jurnal Ilmiah Akuntansi Fakultas Ekonomi
Mustika,2017, Pengaruh Corporate Social Responsibility,Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage,Capital Intensity dan Kepemilikan Keluarga Tehadap Agresivitas Pajak, JOM Fekon,Vol. 4, No.1
www.idx.co.id
www.financeyahoo.com
Published
2022-11-23
How to Cite
Risa Risyani, Dirvi Surya Abbas, Imam Hidayat, & Daniel Rahandri. (2022). PENGARUH CAPITAL INTENSITY, COMPETITIVE ADVANTAGE, DAN SIZE TERHADAP CORPORATE REPUTATION. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(4), 71-84. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i4.435