PENGARUH COMPETITIVE ADVANTAGE, CAPITAL INTENSITY, RETURN ON ASSET, THIN CAPITALIZATION TERHADAP FIRM VALUE

  • Fina Septa Helennia Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Dirvi Surya Abbas Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Hamdani Hamdani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Budi Rohmansyah Universitas Muhammadiyah Tangerang
Keywords: Competitive Advantage, Capital Intensity, Return On Asset , Thin Capitalization, dan Firm Value.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Competitive Advantage, Capital Intensity Return On Asset dan Thin Capitalization terhadap Firm Value (Studi Empiris Pada Perusahaan Non Keuangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Periode waktu penelitian yang digunakan adalah 7 tahun yaitu periode 2015-2021. Populasi penelitian ini meliputi perusahaan non keuangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling menggunakan software Eviews versi 10 . Berdasarkan kriteria yang telah ditetapkan diperoleh 40 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari situs Bursa Efek Indonesia. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Capital Intensity berpengaruh positif terhadap Firm Value. Competitive Advantage, Return on Assets dan Thin Capitalization tidak memiliki pengaruh terhadap Firm Value. Competitive Advantage, Capital Intensity, Return On Asset dan Thin Capitalization secara bersama-sama berpengaruh terhadap Firm Value.

References

Astutik, D. (2017). Pengaruh Aktivitas Rasio Keuangan Terhadap Nilai Perusahaan (Studi Pada Industri Manufaktur). Jurnal STIE Semarang, 9(1), 32-49.
Bastian, A. (2015). Analisis Strategi Bisnis dan Perancangan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi Kasus: Universitas Majalengka). Infotech Journal, 1(1), 236699.
Basuki, A. T. P. & N. (2015). Analisis Regresi Dalam Penelitian Ekonomi & Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviewa. PT Rajagrafindo Persada.
Black, Evil L. Carnes, Thomas A. Vanon, Fayette J Ricardson (2000). The Market Valuation of Corporate Reputation. University Of Arkansas.
Dewobroto, W. S. (2012). Penggunaan Business Model Canvas Sebagai Dasar untuk Menciptakan Alternatif Strategi Bisnis dan kelayakan Usaha. Jurnal Teknik Industri, February, ISSN:1411-6340.
Di, T., & Lq, I. (2015). Analisa Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan, Return On Asset, Dan Struktur Modal Terhadap Nilai Perusahaan Yang. 3(1), 961-971.
Eksandy, A. (2018). Metode Penelitian Akuntansi dan Manajemen.
El-Garaihy, W. H., Mobarak, A.-K. M., & Albahussain, S. A. (2014a). Measuring the Impact of Corporate Social Responsibility Practices on Competitive Advantage: A Mediation Role of Reputation and Customer Satisfaction. International Journal of Business and Management. https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n5p109
El-Garaihy, W. H., Mobarak, A.-K. M., & Albahussain, S. A. (2014b). Measuring the Impact of Corporate Social Responsibility Practices on Competitive Advantage: A Mediation Role of Reputation and Customer Satisfaction. International Journal of Business and Management, 9(5). https://doi.org/10.5539/ijbm.v9n5p109
Gotsi, M., & Wilson, A. (2001). Corporate reputation management: "living the brand." Management Decision. https://doi.org/10.1108/EUM0000000005415
Gryglewicz, S. (2011). A theory of corporate financial decisions with liquidity and solvency concerns. Journal of Financial Economics, 99(2), 365-384. https://doi.org/10.1016/j.jfineco.2010.09.010
Published
2022-11-23
How to Cite
Fina Septa Helennia, Dirvi Surya Abbas, Hamdani Hamdani, & Budi Rohmansyah. (2022). PENGARUH COMPETITIVE ADVANTAGE, CAPITAL INTENSITY, RETURN ON ASSET, THIN CAPITALIZATION TERHADAP FIRM VALUE. Jurnal Mahasiswa: Jurnal Ilmiah Penalaran Dan Penelitian Mahasiswa, 4(4), 26-40. https://doi.org/10.51903/jurnalmahasiswa.v4i4.432