VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER

Penulis

  • Refila Wardoyo Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.51903/jtikp.v14i2.586

Abstrak

Global Education Census 2018 oleh Cambridge International menyatakan bahwa pelajar di Indonesia menjadi salah satu pengguna teknologi tertinggi di dunia. Hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran dalam memperoleh ilmu pengetahuan guna menunjang kualitas pendidikan. Pemilihan metode pembelajaran yang menarik dapat membuat siswa semangat dalam mempelajari sebuah materi. Salah satu contoh media pembelajaran inovatif yang didukung perkembangan teknologi saat ini adalah virtual reality. Artikel ini membahas implementasi dari virtual reality menggunakan aplikasi unity 3D dan google cardboard untuk memvisualisasikan konsep nyata dari pembelajaran jaringan komputer. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kajian pustaka atau studi literatur dengan pendekatan kualitatif untuk melihat bagaimana perkembangan dari konsep media pembelajaran di Indonesia. Hasil dan pembahasan yang diperoleh ialah inovasi konsep dan gambaran tentang penggunaan aplikasi virtual reality dengan harapan dapat menjadi jembatan edukasi yang lebih inovatif bagi siswa untuk mempelajari suatu materi terutama pada jaringan komputer.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-09-01

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

VIRTUAL REALITY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN JARINGAN KOMPUTER. (2023). JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 14(2), 248-254. https://doi.org/10.51903/jtikp.v14i2.586

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 > >>