SISTEM ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH

Penulis

  • Danang Mahendra Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara
  • Alzena Dona Sabilla Universitas Islam Nahdlatul Ulama Jepara

DOI:

https://doi.org/10.51903/jtikp.v14i1.560

Kata Kunci:

data mining, FP-Growth, pola pembelian, sistem

Abstrak

Sistem pengelolaan penjualan sering kali hanya dimanfaatkan sebagai penyimpanan data transaksi, berapa banyak barang terjual dan hasil laba rugi dalam periode tertentu. Selain untuk hasil laba dan rugi, data transaksi dapat digunakan dalam tindakan dan strategi bisnis suatu usaha. Analisis pola pembelian konsumen dapat dilakukan dengan Teknik data mining yaitu Association Rule. Pola ini, dapat menjadi masukan dalam membuat tindakan dan strategi bisnis. Suatu pola ditentukan oleh dua parameter, yaitu support dan confidence. Analisis pola embelian konsumen ini menggunakan algoritma Frequent Pattern Growth (FP-Growth) dengan menerapkan FP-Tree untuk menemukan sebuah pola transaksi yang sering dilakukan oleh konsumen. Adapun hasil dari penelitian ini ada 2 rule dengan nilai support sebesar 33,33% dan nilai confidence 100% dengan minimum support 30% dan minimun confidence 70%.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Diterbitkan

2023-03-01

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

SISTEM ANALISIS POLA PEMBELIAN KONSUMEN MENGGUNAKAN ALGORITMA FP-GROWTH. (2023). JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 14(1), 209-217. https://doi.org/10.51903/jtikp.v14i1.560

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

<< < 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 > >>