SISTEM INFORMASI PENGUKURAN KINERJA PEMASARAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE BALANCED SCORECARD BERBASIS WEB DI PT MASSINDO
DOI:
https://doi.org/10.51903/jtikp.v15i2.863Keywords:
Sistem Informasi, Kinerja Pemasaran, Balanced Scorecard, Key Performance Indicator (KPI), WebAbstract
Pengukuran kinerja perusahaan sangat penting untuk untuk mengukur kinerja perusahaan di masa mendatang dan juga bisa digunakan untuk pengambilan keputusan yang tepat. PT Massindo Karya Prima Perusahaan yg bergerak dalam bidang manufacture atau produksi pembuatan kasur, divan, sandaran mulai dari awal sampai terbentuk barang jadi. Dengan sudah ditentukannya perspektif kemudian ditentukan baru ditentukan sasaran strategis dan setiap sasaran ditentukan Key Performance Indicator (KPI). Metode balanced scorecard memberikan kerangka komprehensif untuk menjabarkan visi ke dalam sasaran-sasaran strategi. Sasaran-sasaran strategi yang komprehensif dapat dirumuskan karena metode balanced scorecard menggunakan empat perspektif: keuangan, pelanggan, proses bisnis internal, serta pembelajaran dan pertumbuhan. Sistem informasi berbasis Web dengan metode balanced scorecard kinerja pemasaran di PT Massindo Karya Prima berbasis website merupakan teknologi yang fleksibel dapat diakses seluruh jaringan internet. Penelitian ini akan menggunakan metode penelitian model Borg and Gall (1987) dari 10 langkah menjadi 6 langkah. Hasil penelitian uji validasi dilakukan oleh pakar sistem menunjukkan nilai 2,6 maka sistem dinyatakan valid dan validasi user 4,0 sistem layak dipakai dan sangat baik.