PERANCANGAN WEB DESAIN RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) PADA SEKOLAH DASAR

  • Ahmad Zainudin Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer
  • Aan Tya Ervina Sekolah Tinggi Elektronika dan Komputer
Keywords: Rejosari Brangsong, RKAS, konvensional, Web

Abstract

Pada SD Negeri 1 Rejosari Brangsong dalam pengelolaan keuangan yang terkait dengan RKAS masih menggunakan cara manual yaitu masih dicatat dalam buku dan menggunakan jurnal dan dalam penyusunan kegiatan dan anggaran sekolah masih menggunakan cara konvensional yaitu aplikasi Microsoft Excel. Sehingga petugas sering mengalami kesulitan dalam melakukan input data dan penghitungan total anggaran, seperti pencatatan pendapatan dan pengeluaran dana. Penyampaian laporan keuangan harian dari administrasi juga sering mengalami keterlambatan, mengingat kesibukan Kepala Sekolah yang sering tidak disekolah. Selain itu para orang tua atau wali murid juga kesulitan dalamĀ  memperoleh informasi keuangan sekolah dan mencari informasi terbaru mengenai sekolah dimana mayoritas orang tua dari siswa adalah pekerja.

SD Negeri 1 Rejosari Brangsong dituntut untuk dapat membuat pengelolaan yang terkait dengan RKAS menjadi lebih mudah dalam pencatatan maupun pelaporan.Sehingga dapat membuat SD Negeri 1 Rejosari Brangsong dapat bersaing dengan SD lain dalam pembuatan administrasi keuangan yang terkait dengan RKAS agar lebih rapi. Salah satu hal yang dapat ditempuh oleh SD Negeri 1 Rejosari Brangsong adalah dengan menggunakan Sistem Informasi Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) SD Negeri 1 Rejosari Brangsong berbasis Web yang lebih efektif, efisien, dan praktis dalam pencatatan dan pembuatan pelaporan RKAS secara cepat dan data-data dapat terkomputerisasi sehingga lebih aman. Kemajuan teknologi dapat membantu bagian TU pada SD Negeri 1 Rejosari Brangsong dalam proses pencatatan dan pengelolaan serta pelaporan yang terkait dengan RKAS lebih mudah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-09-04
How to Cite
Ahmad Zainudin, & Aan Tya Ervina. (2018). PERANCANGAN WEB DESAIN RENCANA KEGIATAN DAN ANGGARAN SEKOLAH (RKAS) PADA SEKOLAH DASAR. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 9(2), 75-80. https://doi.org/10.51903/jtikp.v9i2.265
Section
Articles