Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Inovasi Produk terhadap Keputusan Pembelian di Kelompok UKM Candaria

  • Desniati Dwi Kusumaningrum Universitas Islam Kadiri
  • Suseno Hendratmoko Universitas Islam Kadiri
  • Trisnia Widuri Universitas Islam Kadiri
Keywords: Kualitas Pelayanan, Harga, Inovasi Produk dan Keputusan Pembelian

Abstract

Pengaruh  kualitas pelayanan dengan indikator keandalan, ketanggapan, dan empati. Harga dengan indikator keterjangkauan harga, kesesuaian harga dengan kualitas produk, daya saing harga, dan harga dapat mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan. Inovasi produk dengan indikator jenis produk, peningkatan kualitas, dan kemasan fitur sangat penting untuk mengetahui seberapa besar pengaruh terhadap keputusan pembelian di kelompok UKM Candaria. Dengan mengetahui hubungan tersebut, pemilik UKM Candaria dapat memperkirakan bagaimana respon masyarakat terhadap pelayanan, harga dan inovasi produk yang telah diberikan sehingga dapat mempengaruhi keputusan pembelian.

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik insidental sampling. Sedangkan sampel yang diambil adalah sebagian konsumen UKM Candaria. Data diperoleh melalui kuesioner, observasi dan wawancara. Dari hasil analisis yang telah dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, harga tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian, inovasi produk berpengaruh signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian. Kualitas pelayanan, harga dan inovasi produk berpengaruh signifikan secara simultan terhadap keputusan pembelian. Hal tersebut diketahui hasil analisis korelasi sebagai berikut : nilai R square 0,121 atau 12,1% dan sisanya sebesar 87,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

References

Indrasari, M. (2019) ‘PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan - Dr. Meithiana Indrasari - Google Books’, pp. 2–3. Available at: https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=PYfCDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR3&dq=pemasaran+adalah&ots=mb6fLOpx8h&sig=xEvbrj5UlEg1B7ja1l_6WgXC9Vs&redir_esc=y#v=onepage&q=pemasaran adalah&f=false.
Irwansyah, R. et al. (2021) Perilaku Konsumen, Widina Bhakti Persada Bandung.
Ratnawati, Amanda, D. and Pradana, A. A. (2019) ‘Inovasi Pemasaran Produk Unggulan Berbasis Ekonomi Digital’, p. 89.
Sulistiyowati, H. and Purwanto, N. (2021) ‘Pengaruh Efektivitas Promosi Melalui Instagram Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian’, BIP’s JURNAL BISNIS PERSPEKTIF, 13(2), pp. 102–116. doi: 10.37477/bip.v13i2.222.
Sujarweni, V. W. (2019) Metodelogi Penelitian Bisnis dan Ekonomi.
Published
2022-10-05