PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN OTOMASI PEMBERIAN PAKAN BURUNG LOVEBIRD MENGGUNAKAN ARDUINO DAN ANDROID BERBASIS IOT (Internet Of Things)

  • Nuris Dwi Setiawan Program Studi D3 Teknik Elektronika, STEKOM
Keywords: Arduino, Nodemcu, Sensor Ultrasonik HC-SR04, IOT

Abstract

Ternak lovebird sebagai pekerjaan sampingan tidak bisa merawat ataupun memberikan pakan secara tepat waktu. Karyawan juga harus masuk kedalam kandang untuk mengetahui kondisilingkungan kandang apakah panas atau dingin. Jika tidak membersihkan kandang burung ataupun mengetahui kondisi kandang, induk tidak akan bertelur lagi dikarenakan stess karenalingkungan kandang yang kotor dan tidak sesuai. Sedangkan terlambat memberi pakan bisa memberikan efek yang burung bagi burung karena bisa mengalami sakit dan tidak mau bertelur lagi. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah sistem atau alat yang dapat memonitoring pakan serta mengisi secara otomatis dan kondisi kandang setiap waktu menggunakan smartphone.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-13
How to Cite
Dwi Setiawan, N. (2021). PERANCANGAN SISTEM MONITORING DAN OTOMASI PEMBERIAN PAKAN BURUNG LOVEBIRD MENGGUNAKAN ARDUINO DAN ANDROID BERBASIS IOT (Internet Of Things). JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 10(1), 69-76. https://doi.org/10.51903/jtikp.v10i1.299
Section
Articles