PERANCANGANMEDIA PROMOSIDAN APLIKASI REGISTRASI WARALABA ONLINE BERBASIS MULTIMEDIA (STUDI KASUS DI KEDAI DIGITAL CORPORATION)

  • Mahfi Triansyah Program Studi Teknik Informatika STMIK ProVisi Semarang
  • Fitro Nur Hakim Program Studi Teknik Informatika STMIK ProVisi Semarang
Keywords: MediaPromosi Online, Pendaftaran Mitra Waralaba, Waterfall

Abstract

Di era modern seperti sekarang ini, segala jenis bidang usaha harus berlomba- lomba untuk mengembangkan bisnisnya, tidak terkecuali dengan bidang industri kreatif. Di dalam industri kreatif itu sendiri selalu dituntut sebuah kreatifitas dan inovasi yang tinggi termasuk dari segi marketing harus turut mendukung yaitu dengan cara promosi. Media promosi harus selalu mengikuti tren dan teknologi yang ada, termasuk melalui media online yang sekarang ini sangat marak di kalangan masyarakat.

Penelitian ini mengambil studi kasus di Kedai Digital Corporationi, Jogjakarta. Proses pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan studi pustaka. Perancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan 2 pendekatan yaitu metode waterfall dan pendekatan berbasis multimedia.

Berdasarkan hasil penelitian, selama ini Kedai Digital Corporation sudah menggunakan website sebagai media promosi tapi belum teroptimalkan dengan tepat guna. Sistem pendaftaran mitra waralaba pun masih secara manual karena belum tersediaya sistem yang dapat mengelola data yang ada. Dari segi tampilan promosi produk juga terbilang masih kaku sehingga kurang menarik minat calon konsumen.

Hasil penelitian ini memungkinkan seorang user (pengguna media online) untuk melihat- lihat di website Kedai Digital Corporation secara atraktif. Bahkan bila user berminat menjadi mitra waralaba, user dapat langsung mengirim data pengajuan kemitraan kepada Kedai Digital Corporation
Published
2014-03-01
Section
Articles