PERANCANGAN SISTEM KEARSIPAN DOKUMEN KEPANGKATAN DOKTER SPESIALIS (STUDI KASUS DI RSUP DR. KARIADI BAGIAN ANESTESI)

  • Ema Selvarosa Program Studi Sistem Informasi STMIK ProVisi Semarang
  • Qorinta Shinta Program Studi Sistem Informasi STMIK ProVisi Semarang
Keywords: Strategi pengarsipan, dokumen, SDLC

Abstract

Sistem kearsipan merupakan salah satu faktor pendukung kelancaran kerja pegawai, karena, dengan sistem kearsipan yang baik akan mempermudah para pegawai dalam mendapatkan informasi dari arsip secara tertib dan lancar, sehingga efisiensi kerja pegawai dapat tercapai. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya efisiensi kerja pegawai pada tiap kesekretariatan di RSUP Dr. Kariadi, ketika ada proses pengumpulan dokumen kenaikan pangkat. Fenomena seperti ini akan menghambat penyelesaian pekerjaan dan  pencapaian tujuan. Salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan pelaksanaan sistem kearsipan yang efektif. Unit populasi dalam penelitian ini yaitu bagian kesekretariatan anestesi RSUP dr.Kariadi Semarang yang pada saat ini belum menggunakan sistem kearsipan dalam penyimpanan dokumen. Dokumen tersebut masih di arsipkan di sebuah lemari dengan menggunakan map yang tentu dengan semakin banyaknya jumlah dokumen yang masuk, penyimpanan tersebut dirasa tidak efisien, karena menyimpan di lemari mempunyai kapasitas yang kurang. Berdasarkan permasalahan tersebut sangat diperlukan sebuah sistem yang dapat menampung arsip-arsip tersebut dan dapat dengan mudah dalam pencarian, perawatan serta memberi informasi. Metode pengembang sistem informasi kearsipan menggunakan metode system development life cycle (SDLC).
Published
2014-03-01
Section
Articles