EVALUASI PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PROSES KNOWLEDGE SHARING MELALUI BERBAGAI PLATFORM DIGITAL MENGGUNAKAN METODE COLLES

  • Mei Lenawati

Abstract

Abstrak
Knowledge sharing yang merupakan bagian dari Knowledge Management (KM) banyak diterapkan di
berbagai organisasi, termasuk di institusi pendidikan. Di lingkungan pendidikan KM sering disebut
dengan Learning Management System atau dikenal sebagai sistem e-learning. Penerapan e-learning di
institusi pendidikan sering mengalami kegagalan karena penggunannya kurang merasa nyaman dengan
sistem. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kenyamanan penggunaan sistem daring yaitu
mahasiswa di Universitas PGRI Madiun terutama untuk mendukung kelancaran proses knowledge
sharing antara dosen dan mahasiswa dengan menerapkan multi platform digital yaitu elma, Whatshaap,
Google Classroom dan Zoom dengan menggunakan kuesioner format COLLES. Dari seluruh hasil
perhitungan skor evaluasi diketahui skor tertinggi berada pada platform Google classroom (89%), yang
diikuti oleh platform Whats App (80,78%), ZOOM (80,44%) dan ELMA (73,89).
Kata kunci : knowledge sharing, colles, mahasiswa, e-learning, digital platform

Published
2020-08-31
How to Cite
Lenawati, M. (2020). EVALUASI PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PROSES KNOWLEDGE SHARING MELALUI BERBAGAI PLATFORM DIGITAL MENGGUNAKAN METODE COLLES. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI, 11(2), 31-35. Retrieved from http://ejurnal.provisi.ac.id/index.php/JTIKP/article/view/211
Section
Articles