PENGARUH TATA LETAK, HARGA DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Studi Kasus Pada Swalayan Berkah Mandiri Mojo Kediri)

  • Verra Putri Angala Universitas Islam Kadiri
  • Diana Ambarwati Universitas Islam Kadiri
  • Udik Jatmiko Universitas Islam Kadiri
Keywords: Tata Letak, Harga, Kelengkapan Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

              Penelitian ini membahas tentang tata letak, harga, penyelesaian produk dan keputusan pembelian pada supermarket Berkah Mandiri Mojo Kediri, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh tata letak, harga dan kesempurnaan produk terhadap keputusan pembelian pada Berkah Mandiri Swalayan Mojo Kediri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan data primer (observasi, wawancara, angket) dan data sekunder (studi kepustakaan). Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan random sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu konsumen bertemu dengan peneliti secara kebetulan. Besar sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 80 orang. Pengolahan data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji hipotesis klasik, regresi linier berganda, koefisien determinasi (R^2), uji t, uji F. Terdapat pengaruh parsial orientasi terhadap keputusan pembelian apabila hasil t- uji memperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Terdapat pengaruh parsial antara harga terhadap keputusan pembelian apabila hasil uji t memiliki nilai signifikansi 0,012 < 0,05. Terdapat pengaruh parsial antara tingkat kesempurnaan produk dengan keputusan pembelian apabila hasil uji t memiliki nilai signifikansi 0,023 < 0,05. Terdapat pengaruh simultan antara tata letak produk, harga dan finishing terhadap keputusan pembelian Berkah Mandiri Mojo Kediri apabila hasil uji F diperoleh nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Semoga Mandiri Berkah Mandiri Mojo Kediri Supermarket dapat menjaga dengan baik untuk meningkatkan keputusan berbelanja.

References

Afrida Pratiwi, Dedi Junaedi, A.P. (2019) ‘Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen : Studi Kasus 212 Mart Cikaret’, Jurnal Kajian Ekonomi dan Bisnis Islam, 2(2), pp. 150–159. doi:10.47467/elmal.v2i2.345.
Alfiyah, S. (2017) ‘Pengaruh Atmosfer Toko, Display Toko, Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Samu Pace the’, Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri, pp. 1–13.
Ambarwati, Rachma and Rahman (2015) ‘Pengaruh Pemilihan Tata Letak Produk,Harga dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Royal ATK ( Studi Kasus Mahasiswa FEB Angkatan 2016 Universitas Islam Malang)’, e – Jurnal Riset Manajemen, pp. 16–31.
Anwar, I. and Satrio, B. (2015) ‘Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian’, Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, Volume 4(12), pp. 1–15.
Arianto, N. and Patilaya, E. (2018) ‘PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KELENGKAPAN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SALT n PEPPER PADA PT MITRA BUSANA SENTOSA BINTARO’, 6(2), pp. 143–154.
Arifianti, R. (2017) ‘Analisis Tata Letak Dalam Perspektif Ritel’, AdBispreneur, 1(3). doi:10.24198/adbispreneur.v1i3.11216.
Chaniago, H. and Bandung, P.N. (2021) 18. buku-manajemen ritel-harmon-.
Emor, J.I., Tumbuan, W.J.F.. and Rogi, M.H. (2019) ‘Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Rm. Bakso Solo Pak Eko Di Tomohon’, Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 7(4), pp. 5407–5415.
Fristiana, D.A. (2012) ‘Pengaruh Citra Merek dan Harga TErhada Keputusan Pembelian pada Ramai Swalayan Peterongan Jombang’, Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, pp. 1–9.
Goto, T., Saiki, H. and Onishi, H. (1982) ‘Studies on wood gluing - XIII: Gluability and scanning electron microscopic study of wood-polypropylene bonding’, Wood Science and Technology, 16(4), pp. 293–303. doi:10.1007/BF00353157.
Hasanah, S.M. (2018) ‘Pengaruh Pelayanan, Tata Letak dan Kenyamanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Indomaret Di Jalan Pakisan Bondowoso’, Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, pp. 1–14.

Indrasari, M. (2019) ‘PEMASARAN DAN KEPUASAN PELANGGAN: pemasaran dan kepuasan pelanggan - - Google Books’, Unitomo Press, p. 61. Available at: https://play.google.com/books/reader?id=PYfCDwAAQBAJ&pg=GBS.PA76%0Ahttps://books.google.co.id/books?id=PYfCDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=kepuasan+pelanggan+adalah&hl=ban&sa=X&redir_esc=y#v=onepage&q=kepuasan pelanggan adalah&f=false.
Korowa, E., Sumayku, S. and Asaloei, S. (2018) ‘Pengaruh Kelengkapan Produk dan Harga terhadap Pembelian Ulang Konsumen (Studi Kasus Freshmart Bahu Manado)’, Jurnal Administrasi Bisnis, 6(3), pp. 27–34.
Lemana, R. and Juwardi (2017) ‘Pengaruh Kelengkapan Produk Dan Penetapan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus pada Toko H. Uding Cisauk Tangerang)’, Jurnal Pemasaran Kompetitif, 1(1), pp. 1–19.
Lianardi, W. and Chandra, S. (2019) ‘Analysis Of Service Quality, Product Completeness, And Price On Purchasing Decisions At Juni Minimarket Pekanbaru’, Kewirausahaan dan Bisnis, 45(1), pp. 45–58. Available at: http://www.ejournal.pelitaindonesia.ac.id/ojs32/index.php/KURS/index.
Masibbuk, I., Moniharapon, S. and Ogi, I.W.J. (2019) ‘Pengaruh Kelengkapan Produk, Kualitas Layanan dan Tata Letak Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Golden Pasar Swalayan di Kota Manado)’, Jurnal EMBA, 7(1), pp. 411–420.
Prabowo, F.I., Keke, Y. and Istidjab, B. (2021) ‘Pengaruh Strategi Pemasaran Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Pt Sarana Bandar Logistik’, Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(2), pp. 75–82. doi:10.9744/pemasaran.15.2.75-82.
Rahmadanti, R., Buhaerah, N. and Yulianto, H. (2020) ‘Analisis Kelengkapan Produk Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen’, MACAKKA Journal, 1(1), pp. 184–191.
Ratela, G.D. and Taroreh, R. (2016) ‘Analisis Strategi Diferensiasi, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Rumah Kopi Coffee Island’, Jurnal EMBA, 4(1), pp. 460–471.
Riza, F., Nurlina and Meutia, R. (2021) ‘Pengaruh Harga, Kelengkapan Produk, Promosi dan Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Pada 212 Mart Langsa’, JIM Manajemen: Manajerial Terapan, 1(1), pp. 73–84.
Rusdi, M. (2019) ‘Strategi Pemasaran untuk Meningkatkan Volume Penjualan pada Perusahaan Genting UD. Berkah Jaya’, Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), pp. 49–54. doi:10.21107/jsmb.v6i2.6686.
Setiawan, D. and Maskan, M. (2017) ‘Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kelengkapan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Semoga Jaya Kediri’, Jurnal Aplikasi Bisnis, pp. 62–67.
Tiurma, D.R. and Rubiyanti, R.N. (2021) ‘Pengaruh Produk, Harga, Promosi, Dan Tempat Terhadap Proses Keputusan Pembelian Aice Es Krim Di Kota Bandung’, e-Proceeding of Management, 8(1), pp. 420–430.
Yulianti, N.M.D.R. and Dwiya, K.G.S. (2018) ‘Pengaruh Lokasi Mall dan Tata Letak Gerai Terhadap Loyalitas Tenant di Denpasar’, Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis, 3(2), pp. 156–166.
Zulaicha, S. and Irawati, R. (2016) ‘Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Morning Bakery Batam’, Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 4(2), pp. 123–136. doi:10.35314/inovbiz.v4i2.76.
Published
2022-10-05