STRATEGI PERSONAL BRANDING SELEBGRAM MELALUI MEDIA SOSIAL TIKTOK DALAM ENDORSEMENT ( STUDI KASUS PADA AKUN TIKTOK @CLARAYAAA_ )

SELEBGRAM PERSONAL BRANDING STRATEGY THROUGH SOCIAL MEDIA TIKTOK IN ENDORSEMENT ( CASE STUDY ON TIKTOK ACCOUNT @CLARAYAAA_ )

  • Rendy Arfyan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Matana
  • Bayu Pratama S Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Matana
Keywords: Influencer, Personal branding, TikTok, Endorsement

Abstract

Personal branding  dilakukan sebagai salah satu strategi komunikasi untuk menanamkan persepsi positif seseorang kepada publik. Personal branding juga dilakukan secara langsung dan tidak langsung melalui media sosial. Seorang Selebgram perlu memiliki personal branding yang kuat untuk membedakannya dengan Selebgram lain. Salah satu Selebgram Tik Tok yaitu Clara dengan akun Tik Tok @clarayaaaa_. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana personal branding yang dilakukan Clara dalam media sosial Tik Tok. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini menunjukkan bahwa Selebgram memiliki ciri khas yang sesuai dengan ambisi pribadi yaitu membuat konten Tik Tok untuk memberi inspirasi dalam berpakaian  kepada pengikutnya. Berikutnya, Clara juga relevan,berhasil menjadi sesuatu orang yang dibutuhkan dianggap penting untuk dijadikan referensi dan inspirasi dalam berpakaian. Dan Clara pun konsisten dengan fokus pada satu bidang , berpengalaman, dan profesional termasuk membuat perbaikan diri jika mendapat kritik atau evaluasi.

References

Soraya, I. (2017). Personal Branding Laudya Cynthia Bella Melalui Instagram (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Akun Instagram @Bandungmakuta). Jurnal Komunikasi, 8(2).
Tinuiti. (2020). The Rise of TikTok During COVID-19.
Weimann, Gabriel dan Natalie Masri. (2020). Research Note: Spreading Hate on TikTok. Studies in Conflict and Terrorism. 1–14.
Sugiharto, Shiya Azi & Ramadhana, Maulana Rezi (2018). Pengaruh Kredibilitas Influencer terhadap Sikap pada Merek (Studi pada Mahasiswa Fakultas Komunikasi dan Bisnis Universitas Telkom). Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VIII (2).
Published
2022-05-29