PENGARUH PROMOSI DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR YAMAHA PADA PT. DARMA SUKSES MOTOR MAJENE

  • Syarifuddin Arief Politeknik LP3I Makassar
Keywords: promosi, lokasi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui dan menganalisis mengetahui pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Sukses Motor Majene, 2) mengetahui dan menganalisis pengaruh lokasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Darma Sukses Motor Majene dan 3) untuk mengetahui manakah yang lebih dominan mempengaruhi antara promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian sepeda motor Yamaha pada PT. Darma Sukses Motor Majene. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen PT. Darma Sukses Motor Majene dan sampel ditarik menggunakan metode non probability sampling sehingga jumlah minimal sampel yang digunakan adalah 50 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian responden pada PT. Darma Sukses Majene, 2) lokasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian responden pada PT. Darma Sukses Majene dan 3) promosi dan lokasi memiliki pengaruh secara simultan atau secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian responden pada PT. Darma Sukses Majene.

References

Adisaputro, Gunawan. 2010. Manajemen Pemasaran: Analisis untuk Perancangan Strategi pemasaran,Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Aling, Sigit Al Olang. 2007. Analisis Teknologi pada Perusahaan Mebel dengan Pendekatan Teknometrik. Surakarta: Skripsi, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Ali Hasan, 2009, Marketing, Yogyakarta : MedPress (Anggota IKAPI)
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ariani, D. Wahyu. 2009. Manajemen Operasi Jasa. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Augusty, Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Basu Swastha. 2008. Menejemen Pemasaran Modern. (edisi 2), yogyakarta : Penerbit Liberty-Yogyakarta
Cannon, Joseph P., William D. Perreault Jr. dan Jerome McCarthy. 2008. Alih Bahasa : Diana Angelica dan Ria Cahyani. Pemasaran Dasar-Dasar : Pendekatan Manajerial Global. Buku 2. Edisi 16. Salemba Empat. Jakarta.
Daryanto, 2011. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.
Daryanto, 2013. Sari Kuliah Manajemen Pemasaran, PT Sarana Tutorial Nurani Sejahtera, Bandung.
Dua Lembang, Rosvita. 2010. Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Cuaua terhadap Keputusan Pembelian Teh siap Minum dalam Kemasan Merek Teh Botol Sosro. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro Semarang.
Edwin Japarianto. 2013. Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan i Kafe Coffee Cozies Surabaya. Volume 1 Nomor 2. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.
Ghozali, Imam. 2001. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS Edisi Kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Irawan dan Japarianto. 2013. Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Melalui Kepuasan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan. Jurnal Manajemen Pemasaran. Vol 1. No 2. Hal 1-8.
Kotler, P. 2002. Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. (2002). Jakarta: PT.Prehalindo.
Kotler dan Amstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 1. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan Amstrong. 2014. Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi Ketigabelas. Jilid 5. Erlangga. Jakarta.
Kotler dan K.L. Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1. Erlangg. Jakarta.
Kotler dan K.L. Keller. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 2. Erlangg. Jakarta.
Kotler dan Keller. 2012. Marketing Management. Edisi 14. Dialih bahasakan oleh Bob Sabran. Global Edition. Pearson Prentice.
Lupiyoadi, Rambat. 2013. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2. Jakarta:Salemba Empat.
Lupiyoadi, Rambat. 2014. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 3. Jakarta:Salemba Empat.
Rangkuti, Freddy, Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 2010.
Rissa G.P.S Yan, Agusta Repi., Bode Lumanauw., 2018., Pengaruh Promosi Penjualan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan bermotor di PT TRUIDJAYA MULIA SEKSES Manado. Jurnal EMBA Vol.6 No.1 Januari 2018, Hal.101-110.
Sari. 2013. Kuliah Manajemen Pemasaran. Cetakan II. Januari 2013 PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera. Bandung.
Shella Dwi Rahmaniyah. 2018. Pengaruh Promosi, Lokasi, Dan Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pusat Oleh-Oleh Gtt Ud Kediri. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara Pgri Kediri 2018.
Simamora, Henry. (2007). Manajemen Pemasaran Internasional Jilid II Edisi 2. Jakarta : PT Rineka Cipta.
Sugiyono, 2004, Metode Penelitian Bisnis, Cetakan Kesembilan, Penerbit CV Alpha Betha,Bandung.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta. Bandung.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi, Bandung: Alfabeta.
Tjiptono, Fandy. 2007. Strategi Pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta : Andi.
Widiyono dan Mukhaer Pakkanna. 2013. Pengantar Bisnis : Respon terhadap Dinamika Global. Mitra Wacana Media. Jakarta.
Uma Sekaran, 2006, Metodologi Penelitian untuk Bisnis, Edisi 4, Buku 2, Jakarta: Salemba Empat.
http://www.pengertianku.net/2015/12/pengertian-promosi-dan-tujuannya.html (diakses 05 juli 2017)
http://www.pengertianahli.com/2014/04/pengertian-promosi-menurut-para-ahli.html (diakses 05 juli 2017).
https://angganurrahmanrockets.wordpress.com/2013/11/17/keputusan- pembelian-dan-faktor- yang-mempengaruhi/ (diakses 05 juli 2017)
Published
2022-01-04